6 penjabat Kades di Kecamatan Kota Komba yang dilantik, Selasa, 17 September 2019 (Foto: Istimewa)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Camat Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Hans Athman melantik 6 penjabat kepala desa (Kades), Selasa (17/9/2019).

Pelantikan tersebut berlangsung di Kantor Camat Kota Komba di Waelengga, Kelurahan Watunggene.

“Ada 6 desa yang hari ini penjabat Kadesnya dilantik. Desa-desa tersebut adalah Golomeni, Ranambeling, Mokel, Golotolang, Ruan dan Lembur,” ujar Camat Athman saat dihubungi VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Selasa siang.

Pelantikan ini juga sesuai surat keputusan Bupati Matim Nomor: HK/194/tahun 2019, tentang pemberhentian kepala desa dan pengangkatan penjabat kepala desa dalam wilayah kabupaten itu.

Pria kelahiran 12 Mei 1969 itu pun berharap pada kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Oktober mendatang, penjabat Kades dan aparat desa bersikap netral.

“Pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, menjaga situasi desa tetap aman selama proses penjaringan, penetapan bakal calon Kades dan pemilihan kepala desa,” ujar pria 50 tahun itu.

Selain menjaga netralitas Pilkades, alumnus Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang itu menambahkan, pelaksanaan dan pengendalian pekerjaan fisik yang didanai oleh dana desa (DD) harus tepat waktu juga menjaga kualitas.

“Pelayanan terhadap masyarakat berjalan sesuai aturan dan menjalankan program kecamatan yaitu penyusunan data base ecamatan,” tambahnya.

Informasi yang dihimpun VoxNtt.com, sebanyak 68 desa di Matim akan menggelar Pilkades pada bulan Oktober mendatang.

Desa-desa itu saat ini tengah melakukan penjaringan calon Kades melalui panitia Pilkades yang sudah dipilih oleh Badan Permusyawaratan Desa.

Selain itu, Inspektorat Matim juga tengah melakukan audit bagi para calon Kades incumbent yang selanjutnya menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa bertarung pada Pilkades nantinya.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba