Seorang anak (berpenutup kepala merah) tengah asyik menyaksikan permainan Rolet (Foto: Patrick/Vox NTT)
alterntif text

Bajawa, Vox NTT- Dengan nada dasar C (do), Putri (11) siswi kelas enam SDK Watutura, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada mulai melantunkan lagu Sahabat Kecil.

Putri menyanyikan lagu ciptaan Charly Vanhoutten itu di panggung utama pameran pembangunan dan penyelenggaraan bursa inovasi desa, Kamis (10/10/2019) malam.

Pameran itu berlangsung di Lapangan Kartini Bajawa.

Di samping panggung utama itu di bawah temaram lampu, sepasang muda-mudi usia belasan tahun tampak asyik menikmati lantunan suara penyanyi cilik ini. Sesekali keduanya menggerakkan badan, sambil terus mendekat duduk di dekat panggung utama.

Keadaan Lapangan Kartini Bajawa pada kamis malam itu memang terpantau sangat kondusif. Itu dikarenakan lokasinya yang strategis, tepat berada di depan Mapolres Ngada.

Tak ada kekacauan atau keributan yang mengusik aktivitas pengunjung. Mereka tampak menikmati setiap pameran yang disuguhkan penyelenggara, baik di panggung utama, posko pameran maupun di wahana permainan tebak angka atau Rolet.

Itu terjadi berkat kesigapan beberapa anggota Polisi yang terus berjaga-jaga di sepanjang kegiatan itu diselenggarakan.

Para Polisi itu terpantau terus mondar-mandir di area lapangan.

Beberapa Polisi lain juga terlihat ikut berjaga-jaga di belakang panggung kecil di area wahana permainan tebak angka, tempat para bandar Rolet memutar roda sambil menikmati rokok dan menyeruput kopi.

Saat lagu memasuki refrain, beberapa anak seusia Putri tampak berlari mendekat ke arah panggung utama. Namun, beberapa di antaranya, tengah khusyuk menyaksikan dan bahkan ikut bermain tebak-tebakan angka ala permainan Rolet.

Pantauan VoxNtt.com, lebih banyak pengunjung pameran pembangunan dan penyelenggaraan bursa inovasi desa lebih menyukai wahana permainan Rolet.

Sedangakan sebagian kecil pengunjung berada di panggung utama menikmati  suara merdu Putri. Kemudian yang lainnya adalah pasangan keluarga yang menikamti kuliner. Ada juga pasangan remaja yang terlihat duduk di luar area pameran.

Sebagai informasi, pameran pembangunan dan penyelenggaraan bursa inovasi desa digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan itu telah menyedot perhatian masyarakat Bajawa ibu kota kabupaten Ngada. Mereka datang silih berganti membanjiri Lapangan Kartini Bajawa.

Ada beraneka hiburan dapat dijumpai di pameran itu seperti panggung hiburan, posko pameran dan wisata kuliner.

Namun yang paling ramai dikunjungi adalah wahana permainan tebak angka atau Rolet.

Istilah Rolet menurut mesin pencari google adalah sebuah permainan kasino dan judi. Nama ini berasal dari bahasa Prancis “roulette” yang berarti roda kecil.

Acara ini telah dimulai sejak sabtu 7 Oktober 2019 pekan kemarin dan diagendakan bakal berlangsung selama dua minggu ke depan.

Di area itu, pemerintah melalui masing-masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendirikan posko pameran.

Sejumlah miniatur yang dibangun merupakan ciri dari masing-masing-masa OPD.

Penulis: Patrick Romeo Djawa
Editor: Ardy Abba