Para siswa SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo pose bersama karyawan Asuransi Sinar Mas saat kegiatan literasi keuangan
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Asuransi Sinar Mas kembali menggelar kegiatan literasi keuangan pada akhir Oktober 2019 ini, untuk para siswa SMAK St. Ignatius Loyola  Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada awal Oktober 2019 lalu,  Asuransi Sinar Mas juga melakukan literasi keuangan bagi siswa SD dan petani di Putussibau, Kalimantan Barat.

“Literasi keuangan pada kali ini dilakukan bertepatan dengan hari asuransi, 18 Oktober 2019, serta bulan inklusi keuangan yang dicanangkan pada bulan Oktober setiap tahunnya,” jelas Direktur PT Asuransi Sinar Mas, Dumasi M M Samosir dalam rilis yang diterima VoxNtt.com, Selasa (22/10/2019) malam.

Menurut Samosir, Asuransi Sinar Mas sejak tahun 2015 lalu konsisten memberikan literasi keuangan untuk siswa di sekolah, mulai dari PAUD, TK hingga mahasiswa.

“Menurut kami, pemahaman memahami literasi keuangan ini perlu dimulai sejak dini. Dengan memperkenalkan perencanaan keuangan dan asuransi, kami berharap mereka akan mengetahui bagaimana merencanakan keuangan, serta memanfaatkan asuransi sebagai salah satu alat untuk merencanakan keuangan bagi diri sendiri dan keluarga,” ucap dia.

Dikatakan, Asuransi Sinar Mas memberikan pengenalan lembaga jasa keuangan, pengenalan asuransi, serta manfaat menabung kepada para siswa SMA.

Para peserta kegiatan literasi juga mendapatkan perlindungan asuransi mikro yaitu simas siswa mikro bagi siswa dan asuransi simas perlindungan untuk guru.

Terpisah, SMAK St. Ignatius Loyola  Labuan Bajo Pastor Yeremias Ganggur Bero berharap dengan kegiatan literasi keuangan ini para siswanya dapat mengenal banyak tentang bank, asuransi dan keuangan seluruhnya.

Baca Juga; Jadi Sekolah Rujukan, SMAK Loyola Labuan Bajo Gelar Festival Musik dan Pameran

“Dari slogan “Sikapi Uangmu dengan Bijak” saya berharap, seluruh siswa dan guru mendapat pembelajaran bagaimana bisa managemen keuangan yang kita miliki dengan baik,” ucap Pastor Yeremias.

Seperti hal nya kegiatan literasi di lokasi lainnya, Asuransi Sinar Mas juga memberikan celengan impian, serta kartu asuransi simas siswa mikro secara gratis bagi 705 siswa dan kartu asuransi simas perlindungan untuk 47 guru di SMAK St. Ignatius Loyola.

Pada tahun 2016, Asuransi Sinar Mas juga pernah mengadakan kegiatan serupa bagi siswa SD Warsawe, di Desa Cunca Wulang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Simas siswa mikro merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam kepada peserta terhadap risiko kematian, cacat tetap dan biaya pengobatan akibat kecelakaan, santunan tunai harian untuk rawat inap akibat sakit/kecelakaan maks 7 hari, serta santunan biaya pemakaman akibat sakit/kecelakaan.

Sedangkan simas perlindungan merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap risiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.

Asuransi Sinar Mas terus konsisten melaksanakan kegiatan literasi keuangan untuk mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan keuangan.

Literasi keuangan di Labuan Bajo ini merupakan literasi ke-6 selama tahun 2019.

Sebelumnya di tahun ini telah diadakan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kampung Bali – Jakarta, Bukit Tinggi – Sumatera Barat, Sentani – Papua, dan Putussibau – Kalimantan Barat.

Acara literasi keuangan dilakukan bersamaan dengan acara Labuan Bajo Marketing Training Challenge 2019 yang diadakan PT Asuransi Sinar Mas mulai tanggal 19-21 Oktober 2019 dengan membawa lebih dari 100 peserta pemenang Training Challenge.

Penulis: Ardy Abba

alterntif text