Vikjen Keuskupan Atambua Pastor Vinsen Wun, SVD saat menggunting pita tanda diresmikannya gedung CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua kantor pelayanan Noemuti, Sabtu, 09 November 2019 (Foto: Eman Tabean/ Vox NTT)
alterntif text

Kefamenanu, Vox NTT- Gedung Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan (KP) Noemuti, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) resmi digunakan terhitung, Sabtu (09/11/2019).

Peresmian gedung kantor yang terletak di Desa Fatumuti itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Vikjen Keuskupan Atambua Pastor Vinsen Wun, SVD.

Pantauan VoxNtt.com, dalam acara peresmian tersebut juga digelar misa pemberkatan yang juga dipimpin oleh Pastor Vinsen Wun, SVD.

Selain dihadiri oleh para pastor, acara peresmian juga turut dihadiri General Manager CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua Damianus Bau Lema, serta ratusan anggota CU Kasih Sejahtera KP Noemuti.

Manajer CU Kasih Sejahtera KP Noemuti Imelda M. Knaofmone saat diwawancarai wartawan menuturkan CU Kasih Sejahtera mulai membuka kantor pelayanan di Noemuti sejak tahun 2014.

Sejak tahun 2014 lalu, ia mengaku telah dua kali pindah kantor.

“Tahun 2014 itu kita kontrak rumahnya Romo Yohanes Subani, Pr di Fatumuti selama dua tahun kemudian karena tidak perpanjang kita pindah lagi ke rumah Romo Kornelis Salem di Oenak,” jelasnya.

Imelda menuturkan, pembangunan gedung kantor pelayanan Noemuti dilakukan terhitung sejak bulan November 2018.

Kemudian peletakan batu pertama dilakukan pada bulan Desember 2018.

“Dengan adanya gedung kantor ini kita ingin menunjukkan kalau CU Kasih Sejahtera ini merupakan lembaga yang legal bukan bodong,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak 2014 hingga 31 Oktober 2019, jumlah anggota CU Kasih Sejahtera KP Noemuti sebanyak 2306 orang.
Total aset mencapai Rp 18,9 Miliar.

“Setiap bulan kita target itu penambahan jumlah anggota sebanyak 20 orang, kita berharap dengan adanya gedung kantor baru ini pelayanan bisa lebih maksimal lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua Damianus Bau Lema kepada wartawan menjelaskan, hingga saat ini CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua memiliki 12 kantor pelayanan yang tersebar di tiga kabupaten.

Itu dengan rincian lima kantor pelayanan di Kabupaten TTU, tiga di kabupaten Malaka, serta 4 kantor pelayanan di Kabupaten Belu.

Jumlah anggota CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua, jelasnya, hingga saat ini mencapai 31.400 dengan total aset hingga 31 Oktober 2019 sebesar Rp 414 Miliar.

“Kita agak berbeda dengan lainnya, wilayah pelayanan kita hanya akan fokus di wilayah Keuskupan Atambua yang tersebar di tiga kabupaten yakni TTU, Belu dan Malaka. Tidak akan keluar dari situ,” jelas Damianus.

Ia menambahkan, sesuai target hingga tahun 2023 pihaknya akan menambah tiga kantor pelayanan.

Itu di antaranya satu kantor pelayanan terletak di wilayah perbatasan TTU, Belu dan Malaka tepatnya di Nurobo, satu di wilayah Kabupaten Malaka tepatnya di Wemasa dan satu kantor lainnya di wilayah Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten TTU.

“Tujuan kita membangun gedung kantor ini agar semakin memudahkan pelayanan dan juga semakin memperkenalkan CU Kasih Sejahtera kepada masyarakat,” ujarnya.

Pastor Krisantus Lake, Pr selaku Ketua dewan pengurus CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua pada kesempatan itu berharap dengan adanya peresmian gedung yang baru ini, maka pelayanan kepada anggota bisa lebih maksimal lagi ke depannya.

Pastor Krisantus juga berharap dengan adanya gedung baru ini, maka masyarakat bisa lebih tertarik untuk menjadi anggota CU Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua.

“Dengan adanya gedung baru ini, maka semua manajemen di KP (kantor Pelayanan) ini, dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh anggota,” tandasnya.

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba