Pemberian Sembako kepada masyarakat (Foto: Ist)
alterntif text

Atambua, Vox NTT- Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis bagi 1.000 orang di Lapangan Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Jumat (09/11/201).

Selain itu ada khitanan massal bagi 100 orang dan pembagian sembako bagi lansia.

Kegiatan ini bekerja sama dengan RS Siloam Kupang dan Pos Kupang.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan, instansi yang dipimpinnya mempunyai tugas pokok dalam pengamanan perbatasan antara Indonesia dan RDTL.

Selain itu, Satgas Pamtas juga mempunyai tanggung jawab moril untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan pembinaan teritorial satuan non kewilayahan (Binter Satnonkowil), dalam rangka mendukung pembangunan di daerah.

Itu terutama daerah sekitar perbatasan dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta, serta didukung oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Belu.

Pemberian Sembako kepada masyarakat (Foto: Ist)

“Melalui kegiatan bakti sosial ini, kita harapkan bersama dapat memberikan dampak positif untuk terciptanya kondisi masyarakat yang lebih baik dalam hal kesehatan,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin di sela-sela kegiatan bakti sosial.

Bupati Belu Willybrodus Lay dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, RS Siloam dan Pos Kupang, serta semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurut Willy Lay, kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dari stakeholder terhadap masyarakat Kabupaten Belu akan masalah kesehatan.

“Mereka dari Rumah Sakit Siloam dan Pos Kupang datang jauh-jauh dari Kupang ke Kabupaten Belu hanya karena mereka mencintai masyarakat Belu, mereka datang membantu masyarakat lewat pengobatan yang tadi disebut 1.000 orang. Pengobatan secara gratis lagi. Ini luar biasa,” ungkap Willy Lay.

Markus Mali (65) salah satu warga yang mengikuti pengobatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL yang selalu membantu kesulitan dan keluhan kesehatan masyarakat selama ini.

“Kehadiran anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ sangat membantu kami di sini dan peduli dengan masyarakat sekitar terutama hari ini kami bisa periksa berobat secara gratis,” aku Markus.

Penulis: Marcel Manek
Editor: Ardy Abba