Ilustrasi
alterntif text

Maumere, Vox NTT- Upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sikka untuk menemukan lokasi sarang dan tempat bermain hiu putih di perairan Teluk Maumere tidak main-main. Kali ini Disbudpar Sikka melibatkan 8 orang divers kenamaan.

Plt. Kadis Disbudpar Sikka Frando da Lopez melalui Kabid Pemasaran Sintus Botha menyebutkan, salah satu dari penyelam tersebut adalah Miss Earth 2019. Selain ada juga videographer bawah laut, photographer bawah laut dan pelaku bisnis pariwisata.

“Selama ini kita tahu ada hiu putih yang jadi salah satu produk perikanan di Sikka. Akan tetapi, kita tidak pernah tahu di mana lokasinya,” terangnya dalam konferensi pers di kantor Disbudpar Sikka, Selasa (12/11/2019).

Penyelaman bertajuk Familiarisation Trip (Fam Trip) ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah Teluk Maumere. .

Tujuannya untuk menemukan dan mempromosikan keunggulan komparatif yang membedakan Teluk Maumere dengan destinasi lain di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah patahan tsunami atau hanging wall dan rumah bermain hiu putih.

Selain itu, untuk menemukam spot-spot penyelaman dan kekayaan bawah laut lainnya di Teluk Maumere.

Penyelaman akan dilakukan di sekitar Pulau Pemana, Pulau Kambing, dan Pulau Babi.

“Pangabatang dan keindahan bawah lautnya sudah kita eksplorasi pada tahun 2017 lalu sehingga tahun ini tidak lagi dilakukan,” tandasnya.

Fam Trip melibatkan Maumere Divers Community selaku penyelam pemandu. Ini merupakan strategi Disbudpar untuk mempersiapkan potensi lokal.

Penulis: Are De Peskim
Editor: Ardy Abba