Petrus Kanisius Nahak, Koordiv PHL Bawaslu Kabipaten Malaka. (Foto: Frido Umrisu Raebesi/ Vox NTT)
alterntif text

Betun, Vox NTT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malaka mengumumkan perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Rekrutmen Panwascam dimulai 13 November sampai dengan 27 November tahun 2019.

Sementara, penerimaan berkas persyaratan akan dilakukan pada tanggal 27 November sampai dengan tanggal 3 Desember 2019.

Koordiv Pencegahan, Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Malaka Petrus Kanisius Nahak menyampaikan, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi itu terkait pembentukan Panwascam.

Dalam proses rekrutmen kata dia, akan melalui berbagai tahapan. Itu dari tahapan sosialisasi hingga pelantikan pada Desember tahun 2019.

“Bawaslu Malaka sudah mengumumkan mulai hari ini kita buka pendaftaran bagi calon Panwascam untuk pengawasan tahapan Pilkada 2020 nanti. Segala bentuk persyaratan nanti ada di Kantor Bawaslu Malaka, Desa Harekakae, Malaka Tengah,” kata Kanisius di ruangannya, Rabu (13/11/2019).

Proses seleksi menurut Kanisius akan dilakukan dengan sistem seleksi terbuka.

Selain terbuka, tentunya calon Panwascam tidak sedang menjadi salah satu tim kampanye salah satu pasangan calon dan tidak terdaftar aktif sebagai salah satu anggota partai politik.

“Yang terpenting seorang pengawas pemilu harus memiliki integritas, loyalitas serta mempunyai kapasitas, untuk bisa mensukseskan Pilkada 2020 tahun depan. Karena Panwascam adalah ujung tombak suksesnya pemilihan di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Terkait dengan persyaratannya, pihak Bawaslu akan mengumumkan melalui media. Para pelamar juga bisa langsung mengunjungi ke kantor kecamatan masing-masing atau bisa mendatangi Kantor Bawaslu Kabupaten Malaka di Translok Harekakae, Desa Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah.

Kanisius mengimbau kepada seluruh putra-putri terbaik Kabupaten Malaka yang berdomisili di 12 kecamatan agar menyiapkan diri dengan baik.

Hal itu untuk mengikuti setiap proses tahapan rekrutmen Panwascam tersebut sampai pada pelantikan tanggal 20-21 Desember 2019.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba