Wakil Bupati Mabar Maria Geong didampingi Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, Nurtjahjo Walujo Wibowo sedang menggunting pita saat Grand Opening Store Kimia Farma Healthcare Labuan Bajo, Kamis (14/11/2019) (Foto: Sello Jome/Vox NTT)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Apotek Kimia Farma Healthcare resmi hadir di Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Kamis (14/11/2019).

Kimia Farma tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Mabar Maria Geong.

Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, Nurtjahjo Walujo Wibowo menjelaskan pariwisata merupakan sektor yang sangat penting bagi Indonesia.

“Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia, yang membuat jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara terus bertambah setiap tahunnya,” ungkapnya pada Grand Opening Store Kimia Farma Healthcare Labuan Bajo.

Labuan Bajo kata dia, sudah menjadi ikon bagi pariwisata Indonesia. Tentunya daya tarik utama di kota ujung barat Pulau Flores itu adalah gugusan pulaunya.

“Melihat potensi tersebut, PT Kimia Farma (Persero) Tbk hadir dengan konsep outlet baru berupa Traveler Outlet pertama di Labuan Bajo. Berbeda dengan outlet Kimia Farma sebelumnya, Kimia Farma Traveler Outlet memudahkan wisatawan untuk memperoleh produk kosmetik, skin care, personal care, hair care, dan suplemen kesehatan yang dibutuhkan oleh para wisatawan,” jelasnya.

Selain tujuan wisata kata Wibowo, di Labuan Bajo juga merupakan salah satu tujuan investasi, dimana sarana penunjang untuk kebutuhan kesehatan atau healthcare juga sangat dibutuhkan.

“Kimia Farma berkomitmen untuk turut mendukung pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat melalui produk dan jasa yang dihasilkan,” lanjut Wibowo.

Kepedulian Kimia Farma jelasnya, dilatarbelakangi oleh keyakinan bahwa bangsa yang sehat terdiri atas masyarakat yang berkualitas sehingga bisa menumbuhkan prestasi untuk membangun negeri.

“Dalam komitmen kami yang turut mendukung pemerintah, tentunya kami juga mengharapkan dapat bekerja sama dengan Pemerintah Nusa Tenggara Barat, khususnya Manggarai Barat dalam kesempatan lain,” katanya.

Saat ini pihaknya juga memiliki klinik kecantikan Marcks Venus Cosmetic (MVC) yang dapat menjadi daya tarik untuk perawatan para wisatawan untuk tetap cantik dan sehat.

Selain itu juga dalam klinik kesehatan dan laboatorium klinik terbuka lebar bagi Kimia Farma untuk bekerja sama dengan stakeholder di Labuan Bajo.

Sementara itu, Wakil Bupati Maabar Maria Geong mengaku kehadiran Kimia Farma di Labuan Bajo sangat membantu pelayanan kesehatan di Manggarai Barat.

“Kesehatan adalah Hak Asasi Manusia dan kebutuhan obat-obat juga Hak Asasi Manusia. Karena itu kita harus bersyukur adanya Apotek ini di sini,” ujar Maria

Pemda Mabar kata Maria, mempunyai keterbatasan dan tidak bisa menyiapkan sendiri. Karena itu perlu ada pihak swasta untuk menyiapkan obat salah satunya Apotek Kimia Farma.

Maria menyebut, Labuan Bajo sebagai 4 destinasi wisata super prioritas tentu ada kesiapan obat-obat untuk para wisatawan yang datang tiap tahun jumlahnya naik.

“Tujuan kesehatan ini menjadi prioritas karena jumalah wisatawan dari luar hadir terus meningkat,” tutur Maria

Pemerintah juga kata dia, sangat antusias jika Kimia Farma ingin membangun fasilitas kesehatan lainnya.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba