Wakil Ketua KPK, Irjen Pol (Pur) Basariah Panjaitan, SH. MH, saat berdialog bersama anggota DPRD Manggarai Barat (Mabar), NTT Senin (11/11/2019)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Wakil Ketua KPK Irjen Pol (Pur) Basariah Panjaitan mengunjungi Manggarai Barat (Mabar), NTT, Senin (11/11/2019).

Dalam kunjungannya, Basariah menyambangi Kantor Bupati Mabar dan DPRD setempat untuk berdialog.

Di Kantor Bupati Mabar, Basariah menjelaskan pentingnya pencegahan terjadinya korupsi di kabupaten itu.

Kemudian di DPRD Mabar, ia menekankan pentingnya keterlibatan anggota dewan dalam menghasilkan aturan-aturan yang mendukung masyarakat, serta mengawasi setiap anggaran yang dianggarkan Pemerintah Daerah.

“Iya ini salah satu kegiatan pencegahan yang kita lakukan. Memang Manggarai Barat ini menjadi fokus khusus. Akan menjadi daerah wisata yang mungkin paling utama di Indonesia. Karena satu-satunya ada di sini Komodo. Kita tadi ada pembenahan agar bagaimana supaya manajement aset ditata dengan baik, seluruh tanah didaftarkan dan dibuatkan sertifikat,” ungkap Basariah.

Di samping itu juga Basariah mengungkapkan bagaimana cara untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Pendapatan daerah ini jangan sampai tidak dinikmati oleh masyarakat di sini. Kita minta juga supaya DPRD punya kepedulian untuk ini dibuat aturan aturan yang memihak masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Basariah juga menjanjikan akan menempatkan tim khusus dari KPK dalam membantu Pemda Mabar dalam meningkatkan PAD dengan menciptakan sistem satu pintu.

Sementara itu, Wakil ketua I DPRD Mabar Darius Angkur menyambut baik adanya kunjungan dari KPK, yang dinilainya dapat membantu fungsi pengawasan terhadap semua pembangunan yang ada di wilayah Mabar.

“Tentu kami sebagai anggota DPRD di wilayah ini, kami sangat sepakat. Supaya jangan ada korupsi di bumi Manggarai Barat yang sama-sama kita cintai ini. Apalagi Manggarai Barat ini menjadi kabupaten yang menjadi tujuan internasional,” ungkap Darius.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba