alterntif text

Kupang, Vox NTT-Forum Ekonomi Manggarai Raya (FEMR) berencana menggelar Workshop Ekonomi ke-2  dengan mengangkat tema “Membangun Jejaring Pasar Modern Berbasis BUMDes”.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu- Minggu, (16-17/9) besok sebagai agenda rutin triwulan FEMR dalam bersilaturahmi dan menggagas formula pembangunan ekonomi di desa.

Change Operator, salah satu lembaga yang tergabung dalam FEMR, melalui direkturnya, Arischy Hadur menyampaikan, fokus Workshop Ekonomi 2 ini akan menekankan pada pembangunan pasar modern, berikut jejaringnya.

Arischy berpandangan, hanya dengan membangun jejaring ekonomi lintas wilayah dan unit usaha, perekonomian desa dapat lepas dari keterisolasiannya

“Dalam workshop ini, akan ada demonstrasi cara kerja bisnis berbasis waralaba. Ini sedikit mirip dengan model Tomira (Toko Milik Rakyat) yang di Jogja. Modelnya retail, tetapi juga menjual produk unggulan desa. Barang-barang desa dijual disitu, sambil membangun jejaring dengan retail lain yang ada di kota” pungkasnya.

Lebih lanjut, Arischy mengatakan bahwa konsep waralaba yang ditawarkan adalah berbasis pemberdayaan. Masyarakat desa, lanjutnya, akan diajak untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi tersebut.

“Bisnis ini hanya perangsang, karena targetnya adalah membangun kawasan pasar modern di desa. Kita akan membahas tuntas konsep kerjanya nanti dalam workshop ini. Targetnya, ada desa yang akan mengadopsi ide ini. Kita butuh desa yang berani, kepala desa dengan visi pembangunan ekonomi jangka panjang” kata Arischy.

Sementara itu, founder Bandung Utama Group, Feliks Ahas mengatakan, “Saatnya Manggarai bangun kota dari desa. Semoga forum ini dapat mengantarkan seluruh pelaku ekonomi Manggarai raya,  untuk satu hati satu pikiran, teguh berpendirian serta komit untuk membangun Manggarai dari desa, sehingga dapat tercipta kemakmuran yang adil dan merata. Terimakasih untuk lembaga Change’O , bersama kita bisa”

Untuk diketahui, Forum Ekonomi Manggarai Raya telah dideklarasikan pada tanggal 20 Agustus 2019 di sekertariat LP2MR, karot-Ruteng.

Workshop kedua merupakan tahapan membangun komitmen kerja bersama untuk BUMDes di tahun anggaran 2020 dan seterusnya.

Workshop ini juga akan menghadirkan instansi yang menangani desa yakni Dinas PMD Manggarai Timur dan perwakilan Bappeda Manggarai Timur. (VoN).