YMTM TTU bersama masyarakat Desa Numponi saat melakukan survei di lahan milik warga, Sabtu (23/11/2019)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Yayasan Mitra Tani Mandiri (YMTM) Timor Tengah Utara (TTU) ikut ambil bagian dalam membangun mitra tani yang produktif di Desa Numponi, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Direktur YMTM TTU Yoseph Maan di Desa Numponi bersama mitranya untuk melakukan survei lahan garapan para petani, Sabtu (23/11/2019).

Menurut Yoseph, Malaka sangat potensial untuk mengembangkan usaha pertanian. Potensi pertanian itu baik lahan basah maupun kering.

Sebab itu, dia berharap adanya respon baik dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk mengembangkan usaha pertanian. Petani, kata dia, harus diberdayakan sehingga lebih produktif.

“Ini adalah kesempatan untuk masyarakat belajar dan mulai ubah cara bertani yang modern. Kita harapkan adanya respon yang baik agar program ini dapat berjalan baik dan sukses ke depannya,” tutur Yoseph kepada VoxNtt.com.

Kepala Desa Numponi Alfons Yan Molo mengaku berterima kasih kepada YMTM TTU yang sudah datang mengunjungi, sekaligus mau mendampingi petani di desanya.

Kades Alfons berjanji akan mengupayakan segala cara untuk menyukseskan program pertanian oleh YMTM TTU.

“Kita akan siap menyukseskan program ini agar kita dapat belajar banyak dari cara bertani yang baik,” tuturnya.

Terpantau, YMTM TTU mengunjungi salah satu lahan pertanian yang siap pakai dan sudah diolah bertahun-tahun di Desa Numponi.

Di lahan itu, tampak ditanami berbagai tanaman. Ada pepaya, singkong dan lamtoro.

Untuk mengantisipasi kekeringan, YMTM TTU bersama kelompoknya membuat teras sering.

“Saya sudah upayakan ini tiap tahun. Hal ini juga menjadi contoh untuk petani lainnya,” tutur seorang petani.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba

alterntif text