Tempat tidur milik warga di pasar Borong digenangi air saat hujan lebat mengguyur Rabu, 27 November 2019 sore (Foto: Sandy Hayon/ Vox NTT)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Sejumlah rumah warga di jalan sebelah timur pasar Borong, Kelurahan Rana Loba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terendam banjir.

Hal ini diakibatkan oleh hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Borong, selama dua jam, Rabu (27/11/2019) sore.

Pantauan VoxNtt.com, para pedagang tampak sibuk menyelamatkan dagangan mereka, lantaran air masuk ke dalam rumah dan ruko.

Tragisnya lagi, air hujan masuk ke dalam tempat tidur mereka.

Yovita Muel (68) seorang pedagang di pasar Borong, tampak sibuk dan mengeluh. Beras dan beberapa dagangannya basah. Tempat tidurnya pun demikian.

Wanita lansia itu mengaku, tidak pernah mengalami hal seperti itu, sebelum pembangunan pagar pembatas di sebelah timur pasar Borong.

Tae daku du hitu, ole toe ma soal laku pande pagar. Landing olo pande di’a koe di. Aku ho’o ata kontrak ce’e (Saya bilang waktu itu, tidak mempersoalkan pembuatan pagar tetapi harus dibuat dengan baik. Saya ini hanya kontrak” katanya dalam bahasa daerah Manggarai.

Yovita juga mengaku, sempat menyampaikan keluhan kepada petugas, apabila pagar pembatas itu tetap bangun. Namun, tidak direspon.

Air masuk ke jualan warga di pasar Borong saat hujan lebat mengguyur Rabu, 27 November 2019 sore (Foto: Sandy Hayon/ Vox NTT)

Nia keta ka’eng eme mai wae ho’o cepisa. Landing toe ma respon (Di mana kami tinggal kalau air ini nanti masuk. Tetapi tidak direspon),” keluhnya.

Beberapa warga lain masih berusaha untuk mengeluarkan air yang merendam rumah dan jualan mereka.

Untuk diketahui, pagar pembatas setinggi 1,70 meter, sepanjang 110 meter belum selesai dibangun.

Pembangunan pagar pembatas ini, juga sempat ditolak pemilik lahan. Namun sampai saat ini belum menemukan kesepakatan antara masyarakat atau pemilik lahan dengan Pemda Matim.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba