Pengerjaan jalan hotmiks di Desa Tunmat, kecamatan Lo Kufeu, kabupaten Malaka. Foto diambil Sabtu (30/11/2019) (Foto: Radar Malaka)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Warga Kecamatan lo Kufeu berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malaka karena sudah membangun jalan hotmiks pada ruas Besak -Tunmat.

Ruas jalan yang dikerjakan itu sepanjang 4 kilometer, melewati berbagai pusat pelanyanan publik di Tunabesi.

Seorang remaja SMP asal Desa Tunmat, Kecamatan lo Kufeu yang enggan menyebutkan namanya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Malaka karena sudah membangun hotmiks di jalan Besak -Tunmat.

“Terima kasih Pemkab Malaka, kami sudah ada aspal,” ucap dia kepada wartawan di lo Kufeu, Sabtu (30/11/2019).

Blasius Manek, salah seorang warga sekaligus Kepala Suku Naifo mengatakan, masyarakat Kecamatan lo Kufeu sangat senang dengan pembangunan hotmiks di jalan Besak -Tunmat.

Bagi Blasius pembangunan jalan tersebut bisa memperlancar akses ke pusat pelayanan publik di Kecamatan lo Kufeu.

”Kami masyarakat di lo Kufeu senang sekali karena sejak Indonesia merdeka baru kali ini kami lihat dan menikmati jalan licin seperti yang dibangun Pemerintah Kabupaten Malaka di wilayah Kecamatan lo Kufeu ini,” katanya.

Ia pun memuji Bupati Malaka Stefanus Bria Seran (SBS) di balik pembangunan jalan Besak -Tunmat.

Menurut Blasius, SBS memang Bupati hebat karena telah membuat sejarah bagi rakyat Lo Kufeu, dengan membangun jalan hotmiks. Jalan ini, sebut dia, untuk memperlancar akses transportasi bagi masyarakat.

Terpisah, salah satu tokoh masyarakat Yohanes Kim kepada wartawan mengatakan hal senada.

Kim mengaku, saat Bupati SBS membuka kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong di lo Kufeu pernah menjanjikan pembangunan tiga hal.

Ketiganya yakni, pembangunan jalan, air bersih dan jaringan listrik.

“Janji Bapak Bupati kepada rakyat lo Kufeu sudah terpenuhi walau masih ada yang perlu diperhatikan lagi,” kata Kim memuji kinerja nyata Bupati SBS.

Menurut dia, perubahan yang dimaksudkan para elite politik sudah ditunjukkan oleh SBS sebagai Bupati perdana Kabupaten Malaka.

“Bagi kami rakyat, perubahan itu bukan hanya batas didiskusi saja, tetapi harus dibuktikan dengan perbuatan nyata di lapangan dan Bupati SBS sudah memberikan bukti nyata kepada rakyat di lo Kufeu,” tandasnya.

Kadis PUPR Kabupaten Malaka melalui Kabid Bina Marga Lorens Haba ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan pengerjaan ruas jalan Besak – Tunmat sudah selesai dikerjakan, walaupun belum ada penyerahan dari pihak ketiga kepada pemerintah.

Kabid Lorens menjelaskan pengerjaan ruas jalan Besak – Tunmat ditangani dengan menggunakan sistem kerja sama dengan pihak ketiga.

” Tahun ini Pemerintah hanya bayar Rp 2 M dari total anggaran 8 M untuk pengerjaan ruas jalan yang panjangnya 4 KM. Pengerjaan ruas jalan itu berdasarkan kontrak kerja dengan pihak ketiga pada tanggal 2 Oktober lalu, tapi sebelum Desember pekerjaannya sudah rampung,” papar Lorens.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba

alterntif text