Ketua Dewan AMAN Nasional (Demanas) Hein Namotemo memberikan keterangan pers terkait Rakernas AMAN di Ende (Foto: Ian Bala/Vox NTT)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-VI di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur pada Maret 2020 nanti.

Ketua Dewan AMAN Nasional (Demanas) Hein Namotemo kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mengevaluasi program-program masyarakat adat.

“Jadi ada tiga program kita yang akan dibahas dalam Rakernas yakni mandiri ekonomi, berdaulat secara politik dan bermartabat secara budaya,” jelas Hein usai bertemu Sekda Ende Agustinus G. Ngasu pagi di Kantor Bupati Ende, Senin (02/12/2019).

Hein mengatakan, prinsip dasar masyarakat adat dalam sisi budaya ialah menerapkan semangat spiritualitas. Spirit kebudayaan harus melekat pada diri masyarakat adat dibandingkan mindset atau cara pandang dalam peraturan tertulis.

Ia menyatakan, praktik yang terjadi selama ini di Indonesia lebih mengedepankan tradisi aturan yang seolah mengekang kehidupan masyarakat.

“Selama ini terjadi karena banyak orang yang percayai sesuatu yang tertulis daripada rohnya. Lebih banyak peraturan daripada spiritnya. Nah, masyarakat adat ini harus lebih banyak spiritualnya,” tutur dia.

Untuk itu, dalam Rakernas kali ini AMAN lebih menyoroti terkait dengan kesetaraan dan keadilan seluruh rakyat Indonesia dalam sisi hukum maupun strata sosial.

Sebab, menurut Hein, Indonesia adalah negara yang majemuk baik suku, ras, agama maupun tradisi adat istiadat. Ia berharap agar keadilan benar-benar diterapkan dengan tanpa membedakan kelompok tertentu.

“Kita ingin bahwa harus ada kesetaraan seluruh rakyat indonesia baik dalam hukum maupun strata sosial. Kalau sekarang kan tidak, keuangan yang berkuasa. Siapa yang punya duit banyak dia yang berkuasa terhadap keadilan dan kebenaran kan. Itu fakta. Jadi kalau kita masyarakat adat yang tidak punya duit, jadi korban,” tegas Hein lantas berharap agar keadilan sosial benar terjadi di Indonesia.

Sementara Sekda Ende Agustinus G. Ngasu berharap kegiatan Rakernas AMAN nanti benar-benar mengakar ke masyarakat.

Pemerintah secara kelembagaan, kata Sekda Agustinus, akan mendukung penuh sesuai tugas dan kewenangan.

“Saya mendengar bahwa hari pertama kegiatan di kota dan hari kedua ke Saga. Jadi, dengan kegiatan ini, kami berharap bisa mengakar ke masyarakat,” katanya.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba

alterntif text