Himpunan Pemuda Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah yang mendapatkan bantuan dana untuk usaha mebel dari BUMDes
alterntif text

Betun, Vox NTT-Himpunan Pemuda Desa Suai (Hipedes), Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka mendapatkan bantuan dana dari BUMDes, Kamis (15/12/2019).

Bantuan tersebut diberikan setelah sebelumnya pada 27 Agustus lalu diusulkan melalui forum musyawarah desa (musdes).

“Saat itu dihadiri pula Camat Malaka Tengah sekaligus penjabat desa, penggurus BPD Desa Suai, tokoh agama, perwakilan pendidikan dan kesehatan serta tokoh pemuda,” Kata Sekretaris Pemuda Desa Suai, Okto Leki.

Ia mengaku anggaran yang disuntik dari BUMDes Suai untuk Hipedes sebanyak Rp 25. 000.000 sebagai belanja modal usaha awal.

Sementera itu, Ketua kelompok unit usaha Mebel Pemuda Desa Suai Gaudensius Bere menjelasakan, usaha mebel ini salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan pemuda. Kemudian, bisa mengikat pemuda untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan produktif guna memajukan Desa Suai.

Menurutnya, usaha mebel ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas dan inovatif Pemuda Desa Suai.

Diharapkan para pemuda lebih fokus untuk mengembangkan potensi dalam diri dan menghindari masalah kenakalan di kalangan pemuda desa.

Dia pun mengapreasiasi bantuan yang diberikan melalui BUMDes Suai tersebut.

“Usaha ini secara khusus masyarakat Desa Suai bisa memesan kebutuhan seperti kosen pintu, kosen jendela, meja dan kursi, dengan patokan harga yang lebih murah dan pastinya berkualitas,” kata Gaudensius.

Untuk alat-alat kelengkapan usaha ini sudah dibelanjakan dan rencananya akan mulai kerja dalam beberapa hari ke depan.

“Membangun Indonesia dari desa karena desa sejahtera pastinya rakyat maju,” tutupnya.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba