Pengurus IKKA Kupang dan Panitia Pelaksana saat jumpa pers di 999 Kafe dan Bar Tedis Kupang, Jum'at 17 Januari 2020
alterntif text

Kupang, Vox NTT-Keluarga Besar Kepulauan Alor (IKKA) Kupang akan menyelenggarakan kegiatan Natal dan Tahun Baru bersama di Gedung Olah Raga (GOR) Oepoi Kupang, Senin 20 Januari 2020. Kegiatan ini bakal dihadiri kurang lebih 3000-an orang Alor yang berdomisili di Kota Kupang, ibu kota Propinsi NTT.

Ketua Umum IKKA, Fredrik Bolang pada Jumat (17/01/2020) menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk lebih merekatkan tali persaudaraan antar sesama etnik Alor.

“Momentum Natal dibuat untuk menata kehidupan bersama. Kami tetap memakai tema Nasional yakni Menjadi Sahabat Bagi Sesama”, jelas dia.

Menurutnya, meski masyarakat Alor dari berbagai macam latar belakang keyakinan, Natal dan Tahun Baru bersama akan digelar dalam nuansa keberagaman.

Sementara, Ketua panitia pelaksana, Daniel Tonu mengungkapkan, pihaknya akan masih terus bekerja dalam waktu yang tersisa untuk menghadirkan sebanyak mungkin orang Alor di Kupang.

“Sejauh ini ada sebanyak 24.000 Orang Alor di Kota Kupang. Kami sudah sebarkan undangan ke semua. Jika tahun kemarin dibatasi. Tidak dengan tahun ini”, tambahnya.

Bahkan, lanjut dia, masyarakat diaspora Alor dari Kabupaten Kupang dan TTS juga dikonfirmasi akan ikut ambil bagian.

Karena mengusung spirit keberagaman, Daniel menyebut kurang lebih 60% dari kepanitian melibatkan orang Alor beragama Muslim.

“Alor itu beragam. Toleransi yang sebenarnya ada di sana”, jelasnya.

Bernuansa Budaya

Ketua seksi acara, Beni Mauko menjelaskan, acara Natal dan tahun bersama Ikatan Keluarga Kepulauan Alor, dibuat dalam kemasan acara outdoor dan indoor.

Untuk outdoor akan ada pegelaran budaya seperti seni tari.

“Penyambutan tamu dihiasi dengan tarian lego-lego. Juga Tarian Cakalele dari sanggar-sanggar Alor yang ada di Kupang.
Sebelum acara ibadat dimulai akan ada artis-artis asal Alor yang juga ikut ambil bagian”, kata dia.

Sementara ibadat, lanjut Beni, akan dipimpin oleh Ketua GMIT NTT, Pdt Merry Kolimon. Turut hadir Gubernur NTT, Bupati Alor, Amond Djobo, Wakapolda NTT Jony Asadoma.

Mengenai desain acara, Seksi Humas dan Media, Barcka Manilapai, manambahkan, Natal dan Tahun bersama juga dilengkapi dengan bakti sosial. Bakti sosial berupa sumbangan ke tiga panti asuhan, yakni panti Syalom, Agape dan Jalinan Kasih.

Semarak kegiatan ini juga akan diramaikan dengan penampilan artis populer Amnes Kamaleng.

Penulis: Ronis Natom

Editor: Irvan K