Ilustrasi
alterntif text

Ende, Vox NTT-Penyakit demam berdarah dengue (DBD) sedang mewabah, termasuk di Kabupaten Ende, NTT. Bahkan, hingga pertengahan Januari 2020 sudah 12 orang terserang kasus DBD.

“Ya, sudah 12 orang yang terserang kasus DBD. Data ini dari pihak rumah sakit yang dihimpun dari beberapa puskesmas,” ucap Kepala Bidang Penanggulangan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Ende Ahmad Gulung di Ende, Selasa (21/01/2020) pagi.

Ahmad menyebutkan dari total kasus tersebut, mayoritas menyerang masyarakat dalam kota Ende.

Sesuai data, ada lima kasus di Puskesmas Kota, tiga kasus di Puskesmas Onekore dan tiga kasus di Puskesmas Kotaratu. Sedangkan sisa satu kasus terjadi di Puskesmas Ngalupolo, Kecamatan Ndona.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Ahmad mengklaim bahwa kasus DBD menurun pada tahun 2020. Hal itu disebabkan intensitas curah hujan rendah pada tahun ini.

“Tahun lalu memang lebih tinggi. Saya lupa jumlah kasusnya berapa tetapi memang sudah menurun karena keadaan cuaca (hujan),” katanya.

“Ya, dari jumlah itu (12 kasus, red) memang tidak ada korban jiwa. Semua sudah ditangani oleh pihak rumah sakit,” ucap dia.

Meskipun tak ada korban jiwa, pihaknya terus melakukan pencegahan melalui aksi fogging. Kemudian pembagian abate serta beberapa tahap pencegahan lainnya yakni sosialisasi kepada masyarakat.

“Dan kita terus himbau kepada masyarakat agar lingkungan tetap bersih dan perhatikan potensi-potensi wadah yang menghidupkan jentik nyamuk. Ini terus kita lakukan aga virus tidak berkembang,” tutur Ahmad.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba