Ketua karang taruna Kelurahan Penfui, Jefri Tapobali saat memberikan sambutan usai terpilih
alterntif text

Kupang, Vox NTT- Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang menggelar pemilihan ketua karang taruna periode 2020-2023, Rabu (29/01/2020).

Setelah melalui proses pemilihan yang penuh nuansa demokratis, Yohanes FR Laga Tapobali atau akrab disapa Jefri Tapobali menang telak atas pesaingnya Adisucipto.

Lurah Penfui Fransisko Dugis mengatakan, pemilihan ketua karang taruna yang dilaksanakan di Kantor Lurah Penfui itu sebenarnya diikuti oleh tiga calon.

Ketiganya yakni Yohanes FR. Laga Tapobali calon dari RT 018, Lazarus Su’at calon dari RT 012, dan Norabe Y.B Beda Tupen calon dari RT 002.

Namun, jelas Fransisko, salah satu calon Lazarus Su’at tidak hadir sampai dengan pemilihan, sehingga hanya ada dua calon ikut.

Dari hasil pemungutan suara Jefri Tapobali meraih 18 suara. Sedangkan lawannya Norabe Y.B Beda Tupen hanya memeroleh 2 suara.

“Musyawarah karang taruna telah menetapkan Jefri Tapobali sebagai ketua karang taruna yang baru periode 2020-2023,” jelas Fransisko.

Atas nama Kelurahan, Fransisko mengucapkan selamat kepada ketua terpilih. Ia berharap agar dapat mengemban amanah sebaik-baiknya.

“Karang taruna adalah mitra antara Lurah, LPM dan para ketua RT/TW, sehingga diharapkan dapat bekerja sama dalam membangun kelurahan ini,” kata Fransisko.

Menurutnya, ketua karang taruna harus mampu merangkul semua orang muda di Kelurahan Penfui untuk sama-sama membangun kerja sama dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

“Ketua karang taruna harus bisa menghidupkan kegiatan-kegiatan kepemudaan seperti olahraga dan kegiatan pemberdayaan yang menumbuhkembangkan potensi-potensi orang muda di Kelurahan Penfui,” imbuh Fransisko.

Sementara itu, Jefri Tapobali Ketua karang taruna terpilih, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayainya untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan sebagai karang taruna Kelurahan Penfui.

“Mudah-mudahan saja amanah ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga ke depan bisa bekerja sama dengan pengurus maupun anggota,” kata Jefri dalam sambutannya.

Jefri juga mengatakan, dirinya memerlukan dukungan dari semua pihak. Dia mengaku, masih butuh banyak masukan, ide maupun gagasan untuk menjalankan program karang taruna.

“Saya masih butuh masukan untuk menjalankan program karang taruna, sehingga dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat dalam pembangunan Kelurahan Penfui, serta bisa lebih maju dan mampu bersinergi dengan Pemerintah setempat,” pungkasnya.

Kegiatan pemilihan karang taruna ini dihadiri oleh para Ketua RT dan RW se-Keurahan Penfui. Kegiatan ini berlangsung aman dan sukses berkat dukungan oleh mahasiswa PKL universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang.

Penulis: Ronis Natom
Editor: Ardy Abba