Pelabuhan Marapokot Kabupaten Nagekeo (Foto: Dok. Dinas Perhubungan Nagekeo)
alterntif text

Mbay, Vox NTT-Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Namparnos berlabuh perdana di pelabuhan feri Marapokot, Kabupaten Nagekeo, Selasa (11/02/2020) malam.

Dengan berlabuhnya kapal motor penyeberangan ini menjadi kabar gembira bagi bagi penyeberangan di radius wilayah utara laut Flores.

Kabarnya, KMP Namparnos akan melayani rute pelayaran dari Marapokot Kabupaten Nagekeo menuju ke empat pelabuhan di wilayah Kabupaten Sikka, yakni Kewapante, Pulau Palue, Pulau Besar dan Pulau Pamana.

Kehadiran KMP Namparnos di pelabuhan Marapokot merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Nagekeo ditemukan dengan pihak ASDP Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas Perhubungan melayangkan surat permohonan izin operasional pelayaran perintis ke pihak ASDP wilayah NTT.

Baru di tahun 2020, kapal tersebut resmi bersandar di Pelabuhan Marapokot dan direncanakan akan melayani rute pelayaran dari dan menuju ke Pelabuhan Marapokot.

Menurut Eduardus Du’e, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Angkutan Penyeberangan, Dinas Perhubungan Kabupaten Nagekeo, pembukaan akses transportasi laut dari dan menuju Marapokot didasari dari banyaknya pertimbangan.

Salah satunya yakni adanya harapan pembukaan pangsa pasar di bidang pertanian yang saat ini menjadi komoditas unggulan Kabupaten Nagekeo.

Sementara itu, Denny Arisandi, Kepala Pelaksana Harian Kantor UPP kelas III Pelabuhan Marapokot mengatakan, KMP Namparnos berlayar di bawah bendera Indonesia dan di Nakhodai oleh Kapten Suposo.

Kapal ini memiliki 16 orang crew dengan bobot muatan kotor sebesar 367 Gross Ton.

Selain KMP Namparnos, saat ini, pelabuhan Marapokot juga disinggahi KMP Sangke Palangga dengan rute berlayar dari Marapokot menuju Bira dan Jampea di provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis: Patrick Romeo Djawa
Editor: Ardy Abba