Para siswa di salah satu sekolah di Ende menyimak penjelasan guru tentang virus corona dan pencegahan melalui poster edukasi yang disebarkan oleh TB Pelangi (Foto: Copy Rigth)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Taman Baca Pelangi wilayah Indonesia Timur menyebar ratusan poster untuk mengedukasi ribuan anak di Kabupaten Ende, NTT tentang virus corona dan pencegahannya.

Inisiatif ini merespon maraknya wabah virus corona yang telah menjadi wabah pandemik dunia, termasuk Indonesia. Karena itu, TB Pelangi menganggap penting untuk memberi kesadaran dan pengetahuan masyarakat sejak dini tentang cara-cara pencegahan virus corona.

Poster edukasi yang dibuat oleh TB Pelangi ini telah disebarkan ke sekolah-sekolah dasar dan ditempelkan di masing-masing kelas.

Poster didesain menarik dan kreatif dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan inisiatif ini, ribuan anak-anak sekolah di Ende telah terpapar informasi penting tentang virus corona dan cara sederhana mencegahnya.

Pendiri Taman Bacaan Pelangi Nila Tanzil mengatakan, gerakan edukasi tersebut untuk membantu mengurangi dan memperlambat penyebaran virus corona di daerah-daerah pelosok.

Anak-anak dapat menjadi duta pencegah virus corona di lingkungan keluarga bahkan di lingkungan masyarakat pedesaan.

“Jika anak-anak paham tentang poster edukasi tersebut maka mereka akan meneruskan informasi ini ke orangtua, kakek dan nenek mereka di rumah,” tutur Nila dalam rilis yang diterima wartawan, Jumat (20/03/2020).

Ia menambahkan, para guru akan menjadi mentor memberi penjelasan tentang virus corona kepada siswa siswi. Termasuk mempraktikkan cara mencuci tangan pakai sabun kepada peserta didik.

“Kami harus bergerak cepat, karena sekolah akan segera diliburkan. Kami memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menggunakan kesempatan ini untuk mengedukasi anak-anak tentang cara-cara sederhana pencegahan virus corona, termasuk pentingnya cuci tangan dengan sabun,” kata Nila.

Kepala Sekolah Dasar Bhoanawa II, Umar Kobe mengapresiasi langkah TB Pelangi terutama memberi edukasi tentang virus corona terhadap anak-anak.

Menurutnya, langkah tepat tersebut dianggap baik untuk mencegah wabah virus Covid-19 yang telah meresahkan masyarakat.

“Pesan yang disampaikan sangat penting, karena kami mengingikan siswa-siswi kami dan keluarga mereka tetap sehat di tengah wabah virus corona ini,” kata Umar.

Senada dengan Umar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Mathildis Mensi Tiwe mengapresiasi inisiatif positif oleh TB Pelangi. Gerakan edukasi melalui poster menjadi medium dan alat bagi para guru untuk menjelaskan kepada anak tentang virus corona dan pencegahannya.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif positif ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Ende, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Taman Bacaan Pelangi,” tutur Kadis Mensi.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba