Aktivitas tenaga kerja di gudang Bulog Sub Drive Ende (Foto: Ian Bala/VoxNTT)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Bulog Ende memastikan stok beras aman di tengah gegernya penyebaran virus corona di tanah air.

Dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19), di Ende khususnya, ketahanan pangan dapat disiapkan selama 12 bulan ke depan.

“(Untuk di Ende) stok sangat aman 1.950 ton,” kata Kepala Bulog Sub Drive Ende, Stephanus Kurniawan setelah dikonfirmasi VoxNtt.com, Selasa (24/03/2020) pagi.

Ketersediaan stok pangan di Ende untuk mengantisipasi kebutuhan pokok masyarakat selama masa karantina virus corona berdasarkan instruksi Perum Bulog.

Untuk itu, Stephanus meminta masyarakat agar tidak khawatir, sebab pasokan beras dapat mengatasi masalah jika terjadi krisis pangan selama 12 bulan.

“(Instruksi) ada, masyarakat tidak perlu khawatir,” tutur dia.

Sebelumnya, seorang warga Ende Patrisia Wanda Mau mengaku prihatin terhadap kondisi kesehatan dengan merebaknya wabah virus corona.

Menurutnya, kondisi ini justru memperlambat langkah perputaran ekonomi terutama kebutuhan pokok masyarakat.

“Kami hanya berada di rumah selama dua minggu. Ya, kami ikuti arahan ini tapi kami takut kebutuhan kami tidak terjamin. Kami belum siap, harga kebutuhan pokok naik,” katanya, Senin sore.

Ia juga meminta pihak aparat agar bertindak tegas terhadap oknum yang berupaya menimbun kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan bawang.

Katanya, kebutuhan pokok itu justru sering terjadi kelangkahan terlebih pada setiap kali menjelang hari raya keagamaan.

“Ya, kami minta diproses kalau ada yang timbun kebutuhan pokok,” tegas Patrisia.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba