Rapat koordinasi antar pihak bersama otoritas pelabuhan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Foto: Copy Right)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Ditengah keprihatinan atas ancaman wabah virus corona (Covid-19), Pelindo III Cabang Ende memastikan operasional dan pelayanan umum kepelabuhanan tetap berjalan.

Manajer PT Pelindo III Ende, Hadi Sukamto menerangkan, sesuai arahan dari pusat terlebih kegiatan administratif yang sedianya menggunakan aplikasi online tetap dilakukan dari rumah dengan tanpa menghambat layanan pelabuhan.

“Untuk aktivitas bongkar muat tetap berjalan. Sementara kegiatan administrasi secara online nanti dilakukan dari rumah,” tutur Hadi kepada VoxNtt.com secara terpisah, Selasa (24/03/2020) pagi.

Ia menegaskan, pihaknya mengikuti anjuran pemerintah untuk memberlakukan mekanisme kerja dari rumah (work from home) secara proporsional. Langkah ini sebagai upaya untuk membatasi pertemuan banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

“Untuk sementara begitu arahan dari pusat untuk antisipasi corona,” kata Hadi.

Sementara untuk mencegah penyebaran virus corona melalui akses laut, terang dia, telah dilakukan rapat koordinasi antar pihak baik pihak Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pos TNI AL serta sejumlah instansi terkait.

Rapat tersebut membahas tentang pengawasan dan pencegahan penyebaran virus corona secara leluasa.

“Kita sudah bahas bersama dan dipastikan terutama kapal penumpang akan diperiksa secara ketat terkait virus ini. Pihak kesehatan pelabuhan akan memeriksa kesehatan penumpang termasuk awak kapal semuanya,” jelas Hadi.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba