Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso sedang memberi keterangan pers di Kantor Bupati, Selasa (31/03/2020) (Foto: Hellen)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso meminta pemerintah untuk segera melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19 di kabupaten itu.

Permintaan Ketua DPRD Ende disampaikan usai pelaksanaan video conference bersama Gubernur NTT di ruang lobi Kantor Bupati Jalan Eltari-Ende, Selasa (31/03/2020).

Menurut Fransiskus, saat ini pihaknya hanya menunggu pergeseran anggaran dari
pemerintah untuk dapat segera dieksekusi, mengingat penanganan Covid-19 ini membutuhkan biaya dan penanganan segera.

Sebab, anggaran yang disediakan untuk penanganan Covid-19 yang sudah disepakati dengan pemerintah untuk tahap awal sebesar Rp 10 Miliar guna pengadaan alat pelindung diri (APD) dan prasarana lainnya.

Sedangkan yang akan disiapkan ke depannya sebesar Rp 13 Miliar berdasarkan instruksi pemerintah pusat melalui Gubernur NTT pada hari ini dalam kegiatan vicom untuk mengantisipasi kondisi sosial akibat dari bencana Covid-19.

“Jadi total anggaran untuk penanganan Covid-19 Kabupaten Ende sebesar Rp 23 Miliar dan apabila ada kebutuhan yang lebih akan diupayakan penambahan,” katanya.

Sebelumnya, Fransiskus meminta anggota dewan untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani Covid-19 dengan turun ke Dapil masing-masing memantau kondisi masyarakat.

“Saya harap semua anggota dewan bantu pemerintah dengan pantau masyarakat di Dapil masing-masing. Dan pantau jangan sampai ada pasien Covid-19 tidak diterima rumah sakit,” ujarnya.

Penulis: Hellen/Ian Bala
Editor: Ardy Abba