Apolonaris Darman tengah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum. (Foto: Istimewa)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Petugas sanitarian Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur wilayah kerja Puskemas Tilir, Kecamatan Borong melakukan pelatihan kepada warga untuk membuat disinfektan sederhana.

Demikian yang dilakukan Apolonaris Darman salah satu staf di puskesmas itu. Ia melakukan itu di sela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan untuk mencegah virus corona atau Covid-29 di Desa Benteng Raja, Selasa (31/03/2020).

“Waktu penyemprotan itu saya dibantu oleh pa Kades Benteng Raja Aloysius Gonsaga Roma. Bahan-bahannya untuk pembuatan itu yakni beklin, deterjen dan detol,” ujar Darman kepada VoxNtt.com di Borong, Rabu (01/04/2020).

Dikatakannya masyarakat perlu diberi pelatihan agar tidak terjangkit oleh virus yang sudah mematikan ribuan orang itu. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dini, juga memutus mata rantai penyebaran virus.

“Memang kita belum ada yang positif Corona tetapi pencegahan perlu kita lakukan sedini mungkin. Masyarakat diharapkan bisa membuat disinfektan di rumah masing-masing,” katanya.

Darman menjelaskan selain melakukan penyemprotan dan pelatihan pembuatan disinfektan, ia juga melakukan sosilasi terkait perilaku mencuci tangan dengan sabun secara rutin dan teratur.

“Saya kemarin dibantu oleh pa kades. Kami lakukan penyemprotan di gereja, pasar dan tempat-tempat umum yang ada di desa. Setalah lati mereka kemarin saya juga mempraktekan cara penyemprotan,” tukasnya.

Ia juga menambahkan masyarakat diharapkan mampu menjaga kebersihan dan tetap waspada. Selain itu, kata dia, warga harus mengikuti protokol kesehatan juga menjalankan instruksi dari pemerintah daerah.

“Saya sudah sampaikan itu kemarin, muda-mudahan masyarakat kita mematuhi dan melakukan semua himbauan itu demi kebaikan bersama. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” imbuh pria kelahiran 1990 itu.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba