Polisi Arsy Lentar bersama warga sedang memperbaiki gorong-gorong yang rusak di Golo Tureng, Desa Tengku Leda, Kecamatan Lamba Leda, Senin (21/04/2020)
alterntif text

Borong, Vox NTT- Gorong-gorong di jalan Benteng Jawa-Reo rusak setelah diguyur hujan beberapa pekan belakangan ini. Itu tepatnya, di Golo Tureng, Desa Tengku Leda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur.

Sebagian gorong-gorong ini ambruk setelah dikikis banjir setiap kali musim hujan. Apalagi beberapa hari terakhir ini Benteng Jawa, ibu kota Kecamatan Lamba Leda kerap dilanda hujan lebat.

Melihat kondisi deker yang terancam putus itu, Bhabinkamtibmas Desa Nampar Tabang Bripka Arsy Lentar, dan dua anggota DPRD Matim Dapil Lamba Leda masing-masing Bona Burhanto dan Sifridus Asman melakukan perbaikan, Senin (21/04/2020).

Mereka dibantu Babinsa wilayah Selatan Kecamatan Lamba Leda, Serda Slamet Waluyo dan Serma Mukhtar dan Kepala Desa Tengku Leda Abdul Fata.

Polisi Arsy mengaku, giat memperbaiki gorong-gorong itu juga dibantu beberapa warga sekitar.

“Lokasi perbaikan gorong-gorong ada di badan jalan jalur utama Benteng Jawa – Reo, tepatnya di Golo Tureng, Desa Tengku Leda,” terang Arsy kepada VoxNtt.com, Senin malam.

Ia menjelaskan, giat bakti ini merupakan gerakan gotong royong antar beberapa pihak, termasuk masyarakat.

Menurut dia, kerusakan gorong-gorong tersebut terjadi karena arus banjir akibat hujan deras beberapa hari belakangan ini.

Sumber material pekerjaan perbaikan, lanjut dia, yakni dua ret pasir ditanggung oleh dua anggota DPRD Matim Dapil Lamba Leda, yakni Bona Burhanto dan Sifridus Asman.

Sedangkan, batu dua ret dan semen 10 sak ditanggung oleh Kepala Desa Tengku Leda, Abdul Fata.

“Giat dimulai pukul 08.30 – 15.30 Wita sampai selesai,” katanya.

Dikatakan, kondisi jalan yang semula mengalami kerusakan dan tidak bisa dilalui oleh kendaran bermotor, baik roda dua, empat maupun enam, kini sudah kembali normal dilakukan perbaikan.

“Namun untuk sementara bel bisa dilewati oleh kendaraan, sambil menunggu campuran cor-corannya kering,” ujar Polisi Arsy.

Menurut dia, kegiatan perbaikan itu mendapatkan apresiasi dari masyarakat sekitar.

KR: L. Jehatu
Editor: Ardy Abba