Tim Satgas Covid-19 Kabupaten TTU saat memakamkan jenazah FS, PPDP yang meninggal dunia di Rusunawa, Sabtu, 30 Mei 2020 (Foto: Istimewa)
alterntif text

Kefamenanu, Vox NTT-FS (30) warga Desa Nian, Kecamatan Miomafo Tengah, Kabupaten TTU meninggal dunia di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Rusunawa yang terletak di kompleks BTN, Sabtu (30/05/2020).

FS yang meninggal dunia pukul 08.30 Wita tersebut diketahui merupakan pelaku perjalanan dalam pemantauan (PPDP) yang baru tiba di Kota Kefamenanu dari Kota Kupang, Jumat, 29 Mei 2020.

Informasi yang berhasil dihimpun VoxNtt.com, Almarhum sudah sejak tahun 2007 menetap di Kota Kupang dan berprofesi sebagai sopir.

Pada Jumat lalu, Almarhum kembali ke Kota Kefamenanu dan tiba sekitar pukul 23.00 Wita.

Lalu, pukul 00.30 Wita Almarhum dibawa untuk menjalani karantina di Rusunawa hingga akhirnya meninggal dunia pada pukul 08.30 Wita.

Korban kemudian dimakamkan oleh tim Satgas Covid-19 Pemkab TTU sesuai prosedur tetap (Protap) Covid-19 di Kompleks Bijaesunan KM 5 jurusan Atambua. Lokasi itu disiapkan oleh Pemkab TTU.

Informasi lainnya yang berhasil dihimpun, hasil diagnosisi dokter, Almarhum mengidap penyakit TBC dan suspect B20.

Juru Bicara Satgas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten TTU Kristoforus Ukat kepada wartawan mengungkapkan, pihak keluarga Almarhum sudah memberikan persetujuan agar pemakaman diambil alih oleh pemerintah.

Menurut Kristoforus, tindakan tersebut diambil untuk menghindari terjadinya konflik sosial lantaran adanya penolakan dari masyarakat.

“Kuburnya di pemakaman umum di Bijaesunan di lokasi yang sudah disediakan oleh pemerintah untuk pemakaman jenazah yang meninggal di Rusunawa atau rumah sakit darurat Covid-19,” ungkapnya.

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba