Kepala Desa Nampar Tabang, Hilarius Teguh (kiri) saat menyerahkan BLT DD kepada salah satu KPM di Lapangan Sepak Bola Weleng, Sabtu, 6 Juni 2020 (Foto: Dok. Pemdes Nampar Tabang)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Pemerintah Desa Nampar Tabang, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Pembagian BLT untuk warga terdampak virus corona atau Covid-19 itu berlangsung di Lapangan Sepak Bola Weleng, Sabtu (06/06/2020).

Tempat ini sengaja dipilih karena beberapa pertimbangan, terutama untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak sesuai protokol kesehatan Covid-19. Semua penerima yang datang mengantre diwajibkan memakai masker.

Kepala Desa Nampar Tabang, Hilarius Teguh mengungkapkan, BLT DD tersebut masuk ke “kantong” 198 Keluar Penerima Manfaat (KPM).

Menurut dia, BLT tersebut dipangkas dari 30% pagu Dana Desa tahun anggaran 2020. Totalnya, kata Hila, mencapai Rp 356.400.000.

Baca Juga: Soal Pabrik Semen, Pemkab Matim Dinilai ‘Lupa’ akan Misinya

Hila menambahkan, pembagian kali ini sekaligus tahap 1 dan 2 sebesar Rp 1.200.000 tiap KPM. Sedangkan untuk tahap 3 akan menyusul dalam waktu dekat.

“Untuk tahap 3 menyusul, hari Senin (9/6), kita balik lagi ke bank untuk pencairan tahap terakhir,” katanya.

Sementara itu, Kasi PMD Kecamatan Lamba Leda, Pius Pati Mado dalam sambutannya mengimbau masyarakat Nampar Tabang untuk menggunakan Dana BLT ini sesuai kebutuhan riil.

Kebutuhan riil yang maksudkan seperti Sembako, berobat ke fasilitas kesehatan, serta kebutuhan mendesak lainnya di tengah wabah Covid-19 ini.

Senada dengan Pius, Kapolsek Lamba Leda yang diwakili Kasium Bripka Robert A. Batak dalam sambutannya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan dana BLT sebaik mungkin.

“Tidak boleh ada laporan ke Polsek terkait KDRT atau kasus-kasus yang sifatnya menggangu ketertiban umum,” kata Bripka Robert.

Baca Juga: JPIC Paroki Weleng Desak Gubernur NTT Tidak Beri Izin Pabrik Semen di Lingko Lolok

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada warga penerima BLT untuk tidak boleh memprovokasi warga yang tidak sempat menerima bantuan.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasi PMD Kecamatan Lamba Leda Pius Pati Mado, Danpos Kecamatan Lamba Leda Sersan Mayor Muktar, dan Kasium Polsek Lamba Leda Bripka Robert A. Batak.

Selain itu hadir pula Pendamping Desa Sepri Tlonaen, Pendamping Lokal Desa Heribertus Narendra, serta Anggota BDP Desa Nampar Tabang.

Kegiatan pembagian BLT yang dimulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 Wita itu berjalan lancar dan aman.

Penulis: Ardy Abba