Pemdes Wehali, saat membagikan BLT DD Covid-19 di kantor desa setempat, Jumat (26/06/2020) (Foto: Edy)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Sebanyak 151 Kepala Keluarga (KK) di Desa Wehali, Kecamatan Malaka Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, ramai-ramai mendatangi kantor desa setempat, Jumat (26/06/2020).

Mereka datang ke Kantor Desa Wehali untuk menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk tahap II periode Mei 2020.

Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap warga yang terkena dampak Covid-19.

Kepala Desa Wehali Johanes Robi Tey Seran menjelaskan, pembagian dana BLT DD untuk 151 KK di Desa Wehali ini setelah melewati tahapan seleksi yang cukup ketat.

Tim khusus yang melibatkan RT, Kepala Dusun, pendamping desa juga relawan turun ke 10 dusun. Mereka melihat dan menyeleksi KK yang betul-betul berhak menerima bantuan.

Dari hasil data yang dijaring di lapangan, kata Johanes, kemudian dilihat kembali melalui musyawarah desa (Musdes) dan selanjutnya ditetapkan dalam SK Kepala Desa.

“Jadi total penerima dana BLT DD di Desa Wehali sebanyak 151 KK. Ini untuk bulan kedua periode Mei 2020. Ada 14 kriteria yang kita pasang kemudian menyaring nama KK yang dianggap layak terima,” jelasnya.

Ditambahkan, 14 kriteria yang dipasang ke 151 KK ini sesuai dengan kriteria kemiskinan yang tercantum dalam data BPS.

“Kita sudah tetapkan melalui SK Kades. Dari 151 KK ini termasuk penyandang disabalitas, janda, dunda, termasuk yang terkena PHK. Pola penyaluran lewat BNI (non tunai). Maksudnya melatih warga untuk menabung. Bagi yang berhalangan hadir maka tim mendatangi rumahnya,” ujar Johanes diamini Sekdes Wehali, Roni Seran.

Roni mengimbau agar warga penerima uang BLT DD agar mempergunakan untuk membeli Sembako dan bukan untuk berjudi atau membeli miras.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba