Bupati Belu, Wilybrodous Lay bersama Wakil Bupati, J.T Ose Luan dan Ketua DPR Belu, Junior Manek(Baju Biru) foto bersama usai mengikuti vidoe konferens pengumuman Laporan Hasil Pemeriksaan Lapporan Keuangan Daerah(Foto: Prokopim Setda Belu)
alterntif text

Atambua, Vox NTT–Kabupaten Belu kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Hal ini diumumkan Ketua BPK Perwakilan NTT, Ir. Adi Sudibyo, MM melalui video conference bersama Pemerintah Kabupaten Belu di ruang kerja Bupati Belu, Selasa (30/06/2020).

Video conference itu dihadiri oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, Ketua DPRD Jeremias Manek Seran Junior, Wakil Bupati Belu  J.T. Ose Luan, Pj. Sekda Belu Marsel Mau Meta, dan Inspektur Inspektorat Romualdus Th. Josetyawan Manek.

Dalam rilis yang diterima VoxNtt.com, Bupati Belu Willybrodus Lay menjelaskan, raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan BPK. Pemkab Belu, kata dia, dinilai telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Bupati  Willy pun menyampaikan terima kasih untuk semua elemen yang telah berkontribusi dengan caranya masing-masing, sehingga laporan atas hasil pemeriksaan keuangan di Kabupaten Belu bisa meraih Opini WTP.

“Terima kasih untuk semua yang dengan caranya masing-masing sehingga laporan atas hasil pemeriksaan keuangan di Kabupaten Belu berdasarkan penilaian BPK perwakilan Provinsi NTT yang menyatakan Kabupaten Belu meraih opini WTP,” ungkap Willy.

Ia mengatakan, WTP ini telah diraih Pemerintah Kabupaten Belu dua tahun berturut-turut yakni tahun anggaran 2018 yang diumumkan pada 2019, dan di tahun anggaran 2019 yang diumumkan pada tahun 2020.

“Ini tahun ke-2 kita (Pemkab Belu) meraih WTP, dan tahun ke-3 sudah pasti oke karena tahun pertama dan tahun kedua sudah oke,” tandasnya.

Sebagai kabupaten Sahabat yang berada di beranda terdepan NKRI, Willy berharap dukungan semua elemen masyarakat untuk bersama membangun wilayah itu.

“Mohon dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Belu. Mari kita bersama-bersama membangun Belu yang kita cintai ini dengan satu persahabatan yang abadi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Belu J.T. Ose Luan mengatakan, opini WTP yang diraih itu adalah bentuk dari hasil kerja dalam diam dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang terhormat dan membanggakan dengan BPK perwakilan NTT, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan dengan seluruh elemen masyarakat.

Wabup Ose Luan berkomitmen untuk terus mempertahankan prestasi ini di tahun-tahun yang akan datang demi terwujudnya Belu yang Berkualitas, Mandiri, Maju, Demokratis, dan Berbudaya.

“Terima kasih untuk Inspektur Inspektorat beserta jajarannya, Kepala BPKAD berserta jajarannya dan juga Pimpinan DPRD dan seluruh anggota, ini hasil kerja yang merupakan bagian dari kebersamaan yang solid  dan semua melaksanakan dengan hati yang bersih dan tulus. Kita akan terus mempertahankan ini di tahun-tahun yang akan datang,” pungkas mantan Sekda Belu itu.

Penulis: Marcel Manek
Editor: Ardy Abba