Kulit kepala manusia yang ditemukan warga Pong Ara (Foto: Ardy Abba/ Vox NTT)

Ruteng, Vox NTT-Warga RT 014, RW 005, Kampung Pong Ara, Kelurahan Pitak, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai digegerkan dengan penemuan kulit kepala manusia, Selasa (8/1/2019).

Pantauan VoxNtt.com di lokasi, kulit tersebut kurang lebih sepanjang 10 sentimeter. Kulit yang masih bertumbuh rambut itu ditemukan di samping rumah salah seorang warga Pong Ara bernama Texy Waren.

Texy Waren mengatakan, ia pertama kali menemukan kulit ini sedang dibawa anjing sekitar pukul 08.00 Wita.

Menurut Texy, anjing miliknya membawa kulit tersebut dari dalam salah satu ruangan bekas asrama susteran.

”Saat bangun tidur, saya mau ke kamar mandi. Saya lihat anjing saya bawa kulit, saya pikir kulit binatang. Terus saya hubungi pak RT,” kata Texy.

Beberapa warga di lokasi menduga kuat bahwa kulit tersebut berasal dari kepala manusia. Sebab, rambutnya beruban menyerupai rambut manusia.

Ketua RT 014 Pong Ara, Kanisius Erom menyatakan, hingga kini tak ada satu pun warganya yang hilang.

Sebab itu, ia memastikan kulit kepala manusia tersebut bukan milik warganya.

”Tidak ada warga RT 014 yang hilang,” ujar Kanis, singkat.

Ia mengaku, warga melaporkan kepadanya melalui sekretaris RT sekitar pukul 09.30 Wita. Setelah mendapat laporan warga, Kanis langsung melaporkan ke Bhabimkamtimas Kelurahan Pitak.

Di tempat yang sama, salah seorang anggota Bhabimkamtimas Kelurahan Pitak, Bripka Ady Jaka mengatakan, berdasarkan pengamatan tim medis di IGD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng kulit tersebut dari kepala manusia.

“Hasil pengamatan luar tim medis, dr. Aurelia Liliweri di UGD bahwa betul kulit kepala manusia. Tapi ia tidak memastikan apakah laki-laki atau perempuan karena harus membutuhkan penelitian lebih lanjut,” terang Bripka Ady.

Untuk sementara, lanjut dia, kulit tersebut disimpan di Polres Manggarai untuk diteliti lebih lanjut.

Penulis: Ardy Abba