Pesawat Wings Air saat beroperasi di Bandara H. Aroeboesman Ende (Foto: Istimewa)
alterntif textalterntif text

Ende, Vox  NTT-Maskapai Wings Air membantah pernyataan Kepala Bandara H. Aroeboesman, Prio Budiyono terkait penerbangan dari dan ke Ende. 

Kepada awak media pada Jumat (25/01/2019), Prio menyatakan bahwa pesawat Wings tidak beroperasi di Ende. Manajemen Wings membantahnya.

“Pelayanan penerbangan tetap dilakukan tetapi ada pengurangan volume atau frekuensi penerbangan. Hal itu dilakukan karena pertimbangan dari sisi bisnis oleh manajemen bukan sama sekali tidak melayani,”jelas Oskar Malo, Station Manajemen Wings di Ende secara terpisah pada Sabtu (26/01/2019).

Oskar menjelaskan, pengurangan frekuensi atau volume penerbangan tersebut dilakukan hanya sementara waktu. Beberapa rute yang selama ini dilayani dihentikan sementara karena aspek bisnis yang tidak mempengaruhi perusahaan.

Misalnya, pengurangan penerbangan Ende-Tambolaka-Kupang (IW 1920) dan rute Kupang-Tambolaka-Ende (IW 1921) dikurangi volume penerbangan yang awalnya setiap hari menjadi 4 kali seminggu.

Menurut dia, rute ini akan kembali dilayani setelah mendapatkan keputusan dari pusat.

alterntif text

Sementara rute penerbangan Kupang-Ende-Labuan Bajo-Denpasar (IW 1831) dan rute sebaliknya (IW 1830) tetap berjalan normal.

Pada pemberitaan sebelumnya, Prio Budiyono mengklaim, Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Wings Air tidak melayani penerbangan ke Bandara H. Aroeboesman Ende sejak 21 Januari 2019.

Namun, dirinya belum menerima alasan pasti dari pihak Wings terkait tidak melayani penerbangan.

Baca Juga: Pesawat Garuda dan Wings Tak Layani Penerbangan ke Ende

Sementara dari pihak Garuda, kata Prio, akan digantikan oleh pesawat jenis Citilink karena Garuda menggantikan warna.

“Alasan mereka sementara adalah ilucition. Kami tidak bisa memastikan dengan alasan mereka itu. Nanti kantor pusat mereka akan menjelaskan lebih pasti. Kalau Wings belum ada pernyataan resmi dari mereka,”katanya kepada Wartawan.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba