Mobil Tangki keluar dari Dermaga Ferry, kampung ujung Labuan Bajo. (Foto: Sello/Vox NTT).

Labuan Bajo, Vox NTT-Enam mobil Tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini, Jumat (15/03/2019).

Informasi yang dihimpun VoxNtt.com, enam Tangki tersebut terdiri dari Premium 32 kl, Solar 16 kl, Solar nonsubsdi 32 kl dan Kerosene 5 kl.

BBM itu didatangkan dari Bima karena ketersediaan BBM di Labuan Bajo dan sekitarnya sangat terbatas usai jalur Reo, sebagai pemasok BBM untuk wilayah itu selama ini lumpuh akibat longsor juga jalur Ruteng- Labuan Bajo yang mengalami musibah yang sama, selama kurang lebih sepakan ini.

Adamilyara Aqil, Sales Executive Pertamina Wilayah Flores kepada VoxNtt.com Jumat (15/3/2019) mengatakan, pasokan BBM dari Bima dilakukan untuk menanggulangi kelangkaan BBM pasca jalur Labuan Bajo-Ruteng tidak dapat dilalui kendaraan akibat longsor sepekan sebelumnya.

“Pertamina telah mengambil langkah antisipasi dengan melaksanakan jalur pengiriman BBM secara alternatif,” ungkap Aqil.

Jalur suplai alternatif ini kata Aqil, dilaksanakan dengan mengangkut mobil tangki menggunakan kapal ferry, bekerja sama dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Bima-NTB.

Aqil menambahkan, BBM akan terus dipasok dari Bima sampai ruas jalan Trans Flores sudah bisa dilalui mobil tangki.

Namun demikian kata Aqil, Hari ini Pertamina juga akan mencoba mengirimkan BBM dari Reo ke Aimere, Kabupaten Ngada dan dari Aimere akan diteruskan ke Labuan Bajo melalui jalur laut.

Pantauan VoxNtt.com kendaraan roda dua maupun empat sudah mulai mengantri untuk mendapatkan BBM pada dua SPBU di Labuan Bajo, yakni SPBU Wardun dan SPBU Perundi.

Sementara mobil-mobil tanki tersebut tengah mengisi bak penampung SPBU.

Penulis: Sello Jome

Editor: Boni J