Sebanyak 30 anggota baru Menwa sedang mengikuti latihan dasar di lapangan futsal Unflor (Foto: Alex R.S.)

Ende, Vox NTT-Rektor Universitas Flores (Unflor) Dr. Simon Sira Padji, MA menyatakan, kehadiran Resimen Mahasiswa (Menwa) di Kampus Unflor sangat bermanfaat untuk kepentingan keamanan dan ketertiban, serta dapat membentuk karakter mahasiswa yang militan.

Hal ini diungkapkan Rektor Simon pada sela-sela kegiatan Latihan Dasar 30 anggota baru Menwa angkatan kedua di Lapangan Futsal, Kampus 2 Universitas Flores, Kamis (14/03/2019) pagi.

Ia menjelaskan, latihan dasar terhadap puluhan Menwa tersebut atas kerja sama kampus dengan Kodim 1602 Ende. Para mahasiswa tersebut dilatih sikap disiplin, serta taat terhadap kedaulatan dan kesatuan NKRI.

“Kita percaya bahwa disiplin itu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk generasi muda dalam mempertahankan wawasan kebangsaan kita secara nasional. Kalau secara individual agar mahasiwa lebih militan dalam hal belajar untuk membentuk karakter yang militan,” ungkap Simon kepada sejumlah awak media.

Pembentukan karakter yang dimaksud, jelas Simon, tidak saja untuk anggota Menwa. Namun, Menwa juga turut bertugas sebagai pelopor pembentukan karakter mahasiswa lainnya.

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin menjelaskan, materi yang diberikan kepada anggota baru Menwa dalam latihan dasar tersebut sesuai dengan kurikulum dari Kementerian Pertahanan.

“Jadi, kegiatan menwa ini tidak semata-mata tidak memiliki dasar tetapi sudah ada dasar kerja sama dari Dikti, Kemendagri dan Kemenhan,” jelas Dandim Fuad.

Latihan dasar para anggota Menwa angkatan kedua ini dipimpin oleh anggota TNI Kodim 1602 Ende (Foto: Alex R.S.)

Ia mengatakan, pihaknya memberikan materi sesuai petunjuk dalam kurikulum tersebut baik yang berisi tentang fisik, mental maupun kemampuan intelektual.

Sehingga Dandim Fuad berharap agar para anggota Menwa yang baru dapat mengikuti secara baik sesuai dengan arahan.

“Karena Menwa adalah komponen cadangan (keamanan) untuk mensukseskan kegiatan kepemerintahan dan termasuk kegiatan di kampus itu sendiri. Jadi harapan adalah mengembalikan jati diri mahasiswa itu sendiri,” ungkap Dandim Fuad.

Sementara Wakil Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad dalam acara pembukaan menegaskan bahwa, kehadiran Resimen Mahasiswa menjadi penting terutama dalam upaya membantu aparat keamanan untuk menjaga kepentingan dan keutuhan serta kedaulatan dan kesatuan NKRI

Dengan itu, maka Wabup Djafar berpesan agar para mahasiswa tersebut dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan latihan dasar secara sungguh-sungguh.

“Saya dan Bupati menitipkan satu pesan bahwa kalian telah memilih untuk bergabung menjadi anggota Menwa. Ini berarti kalian telah berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan dan keamanan negara termasuk daerah ini,” katanya.

“Oleh karena itu sangatlah tidak bijak apabila kalian menjadi pelopor atau dalang kekacauan atau konflik di tengah masyarakat. Kalian harus tampil terdepan dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI,” pesan Wabup Djafar dalam sambutan tertulisnya.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba