Kegiatan peluncuran logistik pemilu di depan Kantor KPU Matim, Senin 15 April 2019 (Foto: Sandy Hayon/Vox NTT)

Borong, Vox NTT-Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabaupaten Manggarai Timur (KPU Matim), Adrianus Mbalur, mengatakan pihaknya semua dalam posisi siaga.

“Dari segi penyelenggaraan, semua penyelenggara kami dari tingkat kecamatan sampai desa dan TPS sudah dalam posisi siaga sampai dengan hari H tanggal 17,” tegas Adrianus saat memberikan sambutan hari pelepasan logistik Pemilu di Kantor KPU Matim, Kecamatan Borong, Senin (15/4/2019) siang.

Dikatakannya, maksud dan tujuan kegiatan itu, hanya mau menyatakan secara simbolis kepada Pemerintah Republik Indonesia bahwa penyelenggara pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten Matim siap.

“Baik KPU dan jajarannya maupun Bawaslu dan jajarannya,” ujar pria yang kerap disapa Adi itu.

Lanjut Adi, sampai saat ini pihaknya sebagai penyelenggara memberi laporan secara tidak langsung kepada pemerintah selaku pemilik hajatan bahwa pemilu segera dimulai.

“Ini logistiknya yang akan dibawa menuju TPS,” imbuhnya.

Dijelaskannya, logistik yang pertama dibawa Dapil IV Elar Selatan, Elar dan Sambi Rampas. Yang kedua logistik Dapil III Kecamatan Lamba Leda, dan selanjutnya wilayah Poco Ranaka dan Poco Ranaka Timur.

“Sedangkan untuk malam ini kami mempersiapkan Kota Komba dan Rana Mese, sedangkan Borong masih dalam jadwal pengerjaan besok,” ucapnya.

Lanjut dia, logistik itu akan meluncur ke 176 desa dan 812 TPS dalam upaya memenuhi data pemilih yang sudah dihimpun dengan jumlah DPT 199.335.

Dia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Matim dan Partai Politik.

“Pemilihan 2019 menyapa Anda di Matim, pergilah ke TPS dan pilihlah wakil yang dapat dipercaya jangan takut karena Negara hadir untuk memenuhi hak politik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Matim Jaghur Stefanus dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu di kabupaten itu.

“Jujur pemerintah apresiasi kepada KPU Matim atas semua persiapan. Secara bersama-sama kita saksikan kesiapan penyelenggara pemilu,” puji Wabup Jaghur.

Dia meminta KPU atau tim yang ikut membwa logistik dalam posisi aman sampai tempat tujuan.

“Cepat dilaporkan apabila terjadi sesuatu,” ujarnya.

Usai sambutan, Wabup Jaghur langsung melakukan peluncuran logistik pemilu di depan Kantor KPU Matim.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba