Rapat Anggota Tahunan (RAT) III KSP Ricco Mandiri Jaya di Aula Efata Ruteng, Sabtu (27/04/2019).
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ricco Mandiri Jaya hadir membawa solusi agar masyarakat Manggarai dapat mengembangkan usaha.

Solusi pengembangan usaha yang ditawarkan merupakan pinjaman modal kepada masyarakat yang ingin berwirausaha.

KSP Ricco Mandiri Jaya sudah menyebar di wilayah Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. Ia menjadi salah satu KSP di Manggarai Raya yang turut hadir membawa dampak positif bagi masyarakat.

Ketua Umum KSP Ricco Mandiri Jaya, Safriadi Darman Jehaman mengatakan, beberapa tahun terakhir koperasi itu ada peningkatan anggota dan aset.

“Hal ini dikarenakan persyaratan menjadi anggota dan peminjaman lebih mudah di KSP Ricco Mandiri,” tegas Safriadi saat dihubungi VoxNtt.com usai Rapat Anggota Tahunan (RAT) III KSP Ricco Mandiri Jaya di Aula Efata Ruteng, Sabtu (27/04/2019).

Total anggota, kata Safriadi, dari laporan akhir tahun 2017 sebanyak 264 orang. Sementara anggota dan pada akhir tahun 2018 bertambah menjadi 1.770 anggota aktif.

Ia menjelaskan, KSP Ricco Mandiri Jaya merupakan perusahaan milik masyarakat. Sehingga laporan yang ada, baik pemasukan maupun pengeluaran dilakukan secara transparan kepada seluruh anggota.

Dikatakan, KSP Ricco Mandiri Jaya bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Anggotannya pun merupakan masyarakat umum. Itu mulai dari masyarakat kecil sampai tingkat menegah.

Safriadi menambahkan, ke depannya untuk pinjaman modal usaha tidak hanya diberikan berupa uang, melainkan material sesuai dengan kebutuhan anggota.

Baca Juga: Sejumlah Agen KSP Ricco Mandiri Jaya Siap Diluncurkan ke Desa-Desa

“Pada prinsipnya KSP Ricco Mandiri bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, strategi KSP Ricco Mandiri ke depannya kita memberikan barang atau ternak yang menjadi kebutuhan usaha mereka, bukan hanya berupa uang,” ungkapnya.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba