Anggota komunitas Trash Hero dan warga sedang membersihkan Pantai Nangadhero

Mbay, Vox NTT- Kemunitas Trash Hero Cabang Nagekeo menggandeng warga untuk membersihkan sampah di pesisir Pantai Nangadhero, belum lama ini.

Pantai Nangadhero terletak di Desa Nangadhero, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.

Kegiatan pembersihan sampah di sepanjang pantai ini merupakan langkah inisiatif dari komunitas Trash Hero bersama warga Desa Nangadhero.

Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mempersiapkan kegiatan festival Seafood yang akan digelar pada bulan Juni mendatang.

Ketua Komunitas Trash Hero Nagekeo, Martha Lamanepa mengatakan, setiap minggu komunitas Trash Hero melakukan pembersihan di lokasi yang berbeda. Itu karena pertimbangan tumpukan sampah yang terlalu banyak.

“Saya senang bisa mendapat warga yang dengan inisiatif serta kesadaran sendiri dalam upaya pembersihan lingkungan, serta pantai sebagai tempat wisata. Bersama komunitas Trash Hero kita dapat menjaga lingkungan dan Kota Mbay menjadi bersih,” ungkapnya.

Martha menambahkan, Pantai Nangadhero merupakan pantai wisata yang paling bagus di Kota Mbay.

Jika kita tidak dirawat dan dijaga secara baik dari virus sampah, maka pantai ini akan dikunjungi oleh siapapun.

“Untuk mendukung jalannya proses festival seafood yang akan digelar pada bulan Juni mendatang, maka pantai ini harus kita bersihkan. Tidak hanya untuk para pengunjung tetapi kita juga harus menjaga dengan habitat laut yang ada di dalam laut ini juga,” tandasnya.

Kepala Desa Nangadhero, Muhamad Ruslan saat ditemui wartawan, Senin (13/05/2019), mengatakan, kegiatan bersih pantai bersama ini merupakan langkah inisiasi dari kedua kelompok yakni komunitas Trash Hero dan warga Nangadhero.

Kata Muhamad, Pantai Nangadhero yang merupakan potensi wisata di Desa Nangadhero itu yang harus dijaga dan dilestarikan secara bersama.

Menurutnya, Pantai Nangadhero merupakan salah satu pantai yang terkena imbas dari perilaku masyarakat, yang dengan mudah membuang sampah di laut.

Dengan adanya aksi ini, lanjut Muhamad,  kondisi Pantai Nangadhero yang dulunya kotor dan jorok, kini mulai bersih.

Ia berharap, kelak Pantai Nangadhero akan dibangun tempat jualan ikan bakar dengan lopo-lopo yang dibuat oleh pemerintah desa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap komunitas Trash Hero dan bersama masyarakat yang telah bersama-sama membersihkan sampah di pesisir pantai,  sekaligus mendukung persiapan festival seafood yang akan digelar di lokasi pantai ini pada bulan Juni mendatang,” ungkapnya.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba