Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat membuka kegiatan peningkatan SDM dan profesionalisme bidang pariwisata tingkat Kabupaten Nagekeo (Foto: Arkadius Togo/Vox NTT)

Mbay, Vox NTT- Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do menilai potensi pariwisata di kabupaten itu belum digali secara maksimal.

Menurut Bupati, salah satunya karena minim promosi.

Karena itu, untuk memaksimalkan potensi tersebut pemerintah terus memaksimalkan peran generasi milenial demi mendongkrak sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Nagekeo.

Bupati Don mengatakan, generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi internet dan media sosial (medsos) dapat menjadi ujung tombak promosi pariwisata.

”Mereka sudah sangat familiar dengan medsos dan internet, banyak yang bisa mereka kerjakan,” katanya saat membuka kegiatan peningkatan SDM dan profesionalisme bidang pariwisata di aula Hotel Sesandi-Mbay, Rabu (22/05/2019).

Agar perannya maksimal, generasi milenial harus diberi pemahaman tentang pariwisata.

Sebab masih banyak generasi milenial yang memahami pariwisata hanya sebatas destinasi.

Padahal, menurut Bupati Don, pariwisata punya ruang lingkup lebih luas sebagai penggerak roda perekonomian.

“Misalnya saja soal kuliner. Banyak masyarakat yang menilainya itu sebatas kuliner saja. Padahal kuliner juga dapat menjadi obyek wisata karena tidak sedikit wisatawan yang hanya datang untuk memburu jenis kuliner tertentu. Belum lagi soal sejarah dan lainnya, itu bisa dijadikan objek wisata,” ujanya.

Ia menambahkan, perkembangan teknologi yang semakin cepat juga memungkinkan kaum muda mempromosikan dan membantu memasarkan potensi pariwisata di daerah masing-masing.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba

alterntif text