Pustu di Cibal Barat yang terbakar (Foto: FB Dius Otur)

Ruteng, Vox NTT- Kebakaran Puskesmas Pembantu (Pustu) di Ngancar, Desa Wae Rena Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai diduga akibat arus pendek dari mesin genset.

Kebakaran yang terjadi pada Kamis (23/05/2019), sekitar pukul 16.00 Wita itu telah menghanguskan satu pustu, iventaris pustu dan semua perabotan rumah tangga yang ada di dalamnya.

Api bisa dipadamkan sekitar pukul 17.00 Wita dengan bantuan warga sekitar . Namun, gedung pustu dan semua perlengkapan di dalamnya hangus terbakar.

Kasubag Humas Polres Manggarai, Ipda Daniel Djihu menerangkan, akibat kebakaran tersebut menyebabkan Beni Sumardi (36) mengalami luka bakar pada bagian tangan kiri dan tangan kanan, serta paha kaki kanan.

Korban yang berkerja sebagai mantri kesehatan (PNS) di Pustu tersebut langsung dirujuk ke Rumah Sakit Ben Mboi Ruteng.

Menurut keterangan saksi Hubertus Sumardi Kaha, ia melihat kepulan asap tebal dan nyala api yang bersumber dari Pustu Waerenca. Hubertus langsung mendatangi sumber kebakaran bersama-sama dengan Kepala Desa Waerenca Yohanes Sudin.

Sekdes Waerenca Hendrikus Sampur dan warga Kampung Ngancar, Desa Waerenca, dan para saksi pun turut membantu memadamkan api.

Kepada Polisi, istri korban Rena Pila mengaku sumber api berasal dari korsleting mesin genset yang sedang diperbaiki oleh korban.

Sebelumnya, sempat keluar percikan api dari mesin genset dan langsung menyambar jeriken yang berisi bensin. Sehingga dengan cepat api membesar dan mengakibatkan kebakaran terjadi.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba

alterntif text