Potret Nining Indrayani saat sunset Pantai Nampar Sepang (Foto: Julkafar)

Borong, Vox NTT- Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak pesona alam yang belum terjamah oleh pemerintah. Lantaran tak pernah tersentuh, orang pun mengatakan banyak “Surga Tersembunyi” di NTT.

Salah satu surga tersembunyi itu, pantai Nampar Sepang. Pantai ini berada di Desa Nampar Sepang, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores-NTT.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan karakter ombak yang besar. Di beberapa bagian terdapat batu karang yang eksostis membelakangi perbukitan yang hijau.

Sunset adalah saat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai ini. Semburan sinar matahari yang berwarna kuning kemerahan menyapu bibir pantai yang mengkilat. Warna karangpun jadi kuning keemasan seketika. Sunset adalah waktu untuk menikmati bukit emas di pantai itu.

Perjalanan menuju pantai Nampar Sepang bisa ditempuh dari Borong atau dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Apabila dari Borong melewati Bea Laing menuju Watu Nggong dan selanjutnya ke Pota dan Nampar Sepang, dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Sedangkan dari Ruteng melewati Reo menyusuri pantai utara menuju Pota dan selanjutnya ke Pantai Nampar Sepang, dengan waktu tempuh sekitar 4.5 jam.

Julfakar (24) pemuda desa itu mengaku pantai Nampar Sepang belum dilirik sebagai destinasi wisata oleh Pemda Matim. Padahal kata dia, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

“Banyak sekali pengunjung di sini kalau hari-hari besar. Tapi belum ada retribusinya. Kalau dikelolah pasti bisa menambah devisa bagi desa khususunya dan pemerintah daerah Matim umumnya,” ucapnya kepada VoxNtt.com, Kamis (04/07/2019) petang.

“Saya 30 Juni 2019 lalu dengn Nining Indrayani sahabat saya mengunjungi pantai itu. Sangat bersih dan indah,” ucapnya kagum.

Dia berharap potensi pariwisata itu dapat dikelola dengan baik oleh pemda atau pihak lain yang berwenang, agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba

Berikut foto-fotonya: