Kantor Bupati Manggarai (Foto: Pos Kupang)

Ende, Vox NTT- Kabupaten Manggarai Provinsi NTT dicabut statusnya sebagai daerah tertinggal oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Selain Manggarai, terdapat empat daerah lain di NTT yang dicabut statusnya sebagai daerah tertinggal oleh Kemendes PDTT.

Keempat daerah tersebut yakni Kabupaten Ende, Nagekeo, Manggarai Barat dan TTU.

Informasi yang diperoleh VoxNtt.com, pencabutan daerah tertinggal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Nomor 79 Tahun 2019 tentang Penetapan Kabupaten Daerah Tertinggal Yang Terentaskan Tahun 2015-2019 pada 31 Juli 2019 lalu.

Dalam keputusan tersebut, terdapat 62 kabupaten dari 23 provinsi di Indonesia yang memeroleh status terentaskan dari status daerah tertinggal.

Di NTT sendiri, terdapat lima daerah yakni Ende, Nagekeo, Manggarai, Manggarai Barat dan NTT.

Namun, kelima daerah ini masih dilakukan pembinaan oleh Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi selama tiga tahun sejak ditetapkan sebagai daerah yang sudah terentaskan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menetapkan 18 kabupaten di NTT sebagai daerah tertinggal pada 4 November 2015 lalu, termasuk lima kabupaten tersebut.

Penetapan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131/2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba

alterntif text