Bupati Manggarai, Deno Kamelus (Foto: Dok. Ardy Abba)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Keuskupan Ruteng akhirnya resmi memiliki Uskup baru. Dia adalah Mgr. Sipri Hormat, Pr yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) periode 2016-2019.

Namanya telah diumumkan menjadi Uskup Ruteng di Gereja Katedral Ruteng, Rabu (13/11/2019) malam.

Pengumuman itu dibacakan oleh Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng RD. Alfons Segar di depan ribuan umat dan imam, serta biarawan/i yang hadir memadati Gereja Katedral Ruteng.

Seluruh umat Katolik Keuskupan Ruteng patut bersyukur dengan terpilihnya Mgr. Siprianus sebagai Uskup, sebab kerinduan umat Katolik Keuskupan Ruteng akan sosok “Gembala” terobati.

Bupati Manggarai Deno Kamelus pun menyambut diumumkannya nama Mgr. Siprianus Hormat, Pr sebagai Uskup Ruteng yang baru dengan penuh sukacita.

“Saya tentu berbahagia sekali. Bukan saya sendiri, tetapi bersama keluarga, jajaran pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai, rahmat ini kita sambut dengan sukacita,” tuturnya melalui rilis Humas Pemda Manggarai yang diperoleh VoxNtt.com, Kamis (14/11/2019).

Bupati Deno mengatakan, dengan diumumkannya nama Uskup Ruteng yang baru merupakan jawaban atas doa-doa yang didaraskan seluruh umat Keuskupan Ruteng selama ini.

Ia sangat berharap di bawah kepemimpinan Uskup baru umat Keuskupan Ruteng menjadi semakin solid, baik bersama pemerintah maupun elemen lain. Itu terutama dalam rangka membangun Indonesia atau Keuskupan Ruteng yang semakin maju.

“Kita patut bersyukur pada Tuhan atas dikabulkannya doa-doa kita selama ini,” tutur Bupati yang berpasangan dengan Victor Madur itu.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mgr. Silvester San yang selama ini bertugas sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng sejak pengunduran diri Mgr. Hubertus Leteng dua tahun lalu.

Menurut Bupati Deno, Mgr. Silvester San telah menunjukkan kepemimpinan yang sangat luar biasa, dan komunikasi serta kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai berjalan sangat baik.

Bupati Deno juga berharap agar Mgr. Silvester San tetap dikarunia rahmat kesehatan pada masa-masa yang akan datang selama memimpin Keuskupan Denpasar.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mgr. Silvester San karena telah memimpin Gereja Katolik Manggarai selama ini,” katanya.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba