Inilah tabung oksigen untuk membantu pernapasan Aisyah selama perjalanan ke Denpasar, Bali (Foto: Ian Bala/Vox NTT)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Sebanyak 13 tabung oksigen yang akan membantu pernapasan Siti Aisyah Salsabila selama perjalanan menuju RSU Sanglah, Denpasar-Bali pada Sabtu (11/01/2020) pagi.

Aisyah dirujuk ke Denpasar untuk menjalani proses operasi karena mengalami sakit jantung bocor akibat dari Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dengan tipe VSD.

Pihak RSUD Ende mengestimasikan kebutuhan pernapasan bantuan selama tiga hari perjalanan. Dalam estimasi tersebut, dirilis, bayi Aisyah membutuhkan 13 tabung oksigen dengan ukuran berat 60 kg.

Belasan tabung tersebut dihitung dengan tabung oksigen cadangan. Pihak medis memperkirakan jumlah itu untuk mengantisipasi cuaca, serta proses persinggahan kapal.

Pantauan VoxNtt.com di Pelabuhan Ippi Ende, tabung-tabung tersebut diangkut terlebih dahulu oleh ABK menuju KM Awu di ruang VIP yang telah disiapkan awak kapal.

Baca: Aisyah, Bayi Jantung Bocor di Ende Hari Ini Dirujuk ke Denpasar

Selang beberapa menit kemudian, bayi Aisyah beserta keluarga dan petugas medis tiba di dermaga menggunakan mobil ambulance.

Siti Aisyah Salsabila, bayi asal Lokonoko yang mengalami sakit jantung bocor. Hari ini Aisyah dirujuk ke RSU Sanglah Bali (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Bayi yang baru berusia empat bulan tersebut kemudian dibawa masuk ke ruang VIP. Di sana, petugas langsung menggantikan tabung oksigen portable ke tabung besar membantu pernapasan bayi Aisyah menuju Bali.

Ayah Aisyah, Tamrin Sado membenarkan bahwa ada 13 tabung yang dibutuhkan Aisyah selama perjalanan. Ia berharap agar proses perjalanan lancar hingga tiba di Denpasar.

“Ya betul, ada 13 tabung oksigen. Kami mohon doa supaya semua urusan Aisyah lancar dan aman. Terima kasih semuanya,” tutur Tamrin kepada VoxNtt.com, sebelum kapal berangkat.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba