Camat Detukeli Mansoitus Bana saat memberikan keterangan kepada wartawan soal jaringan listrik di wilayah Detukeli (Foto: Ian Bala/VoxNTT)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Warga Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, NTT kembali menagih janji PLN terkait pekerjaan jaringan listrik di wilayah itu.

Disebutkan, janji PLN terhadap lima desa menyala sebagai kado Natal 2019 merupakan pernyataan yang sia-sia.

“Kami warga merasa cemas janji manis soal listrik masuk desa. PLN janji bahwa akan diberi kado natal untuk kelima desa di Detukeli, tetapi itulah janji yang konyol. Kami merasa kecewa karena sampai saat ini masih memakai pelita dan gelap gulita,” ucap Romanus Relo, Ketua LMP Desa Nida saat kegiatan Reses DPRD Ende, Vinsen Sangu, Rabu (29/01/2020) siang.

Ia menyarankan ke PLN agar lebih terbuka dan konsisten terhadap setiap pernyataan ke publik baik secara langsung maupun melalui media.

Diikuti dari sejumlah media, Romanus menyatakan bahwa wilayah Detukeli akan menyala pada Tahun 2019. Namun, ia sendiri belum mendapatkan informasi kendala yang dihadapi pihak PLN.

“Mestinya harus terbuka ke ke kami. Kira-kira apa kendala sebenarnya,” tutur dia.

Hal serupa diungkapkan Camat Detukeli Mansoitus Bana setelah ditanya wartawan terkait pemasangan jaringan listrik di wilayahnya.

Ia mengaku belum mengetahui kendala yang dihadapi PLN hingga mandeknya pemasangan jaringan listrik di lima desa.

“Informasi dari petugas PLN bahwa ada banyak persoalan tapi sampai saat ini kami belum tahu persoalan apa yang terjadi. Jadi harapan kami ke depan supaya bisa terealisasikan,” katanya.

Ia menyatakan ke depan pihaknya akan menggelar rapat dengan 13 kepala desa membahas soal listrik. Hal ini ia lakukan atas permintaan masyarakat agar wilayah setempat dapat menikmati listrik.

Sementara Kepala Desa Nida, Berno Nober menerangkan hingga kini tidak ada aktivitas petugas PLN untuk melanjutkan pemasangan jaringan listrik.

Tiang listrik milik PLN tampak masih menumpuk di pinggir jalan di Desa Nida, Detukeli. Hingga saat ini belum ada aktivitas pemasangan jaringan listrik pelanggan (Foto: Ian Bala/VoxNTT)

Petugas PLN hanya mendroping serta menancap beberapa tiang listrik.

“Soal listrik sejak Natal kemarin tidak ada aktivitas. Hanya tiangnya sudah di drop tapi belum ada kerja lanjutan. Dari pertigaan Maurole juga kami belum lihat ada aktivitas sampai saat ini,” ucap dia usai kegiatan Reses.

Nober berharap agar PLN kembali melakukan pemasangan jaringan listrik terutama kelima desa yang telah direncanakan. Minimal, di tahun 2020 masalah listrik di Detukeli dapat diatasi.

Dua Kali Janji PLN

Kepala Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Area Flores Bagian Barat, Yudi Yurianto kembali berjanji bahwa pemasangan jaringan listrik pelanggan akan tuntas pada semester satu tahun 2020. Disebutkan, ada enam desa yang akan tersambung jaringan listrik.

Yudi mengklaim bahwa proses pembangunan listrik sudah dilanjutkan di wilayah Detukeli. Pekan ini, pihaknya berencana akan gelar sosialisasi terkait Pasang Baru Listrik (PBL) bersama anggota DPRD di wilayah Desa Maurole Selatan.

Dengan pernyataan ini, catatan VoxNtt.com, Yudi telah memberikan harapan (janji) kedua kalinya kepada warga Detukeli. Sebelumnya, pada Selasa 22 Oktober 2019, ia sendiri menyebutkan 18 desa di Ende (termasuk Detukeli) semuanya akan teralir jaringan listrik pada tahun 2019.

Baca: PLN Targetkan Seluruh Desa di Ende Dapat Akses Listrik Tahun 2019

“Di Ende sendiri sisa 18 desa yang menjadi target wilayah kerja kami, termasuk di Detukeli. Tahun ini rencana sudah menyala semua,” kata Yudi tempo itu.

“Sekali lagi, komitmen kami semua bahwa tahun ini dengan sisa waktu yang ada akan dipasang semua termasuk di Detukeli,” sambung dia.

Penelusuran VoxNtt.com pada Rabu 29 Januari 2020, belum satupun desa di Detukeli yang tersambung listrik. Hanya terlihat sebagian tiang listrik yang telah ditancapkan.

Sementara sejumlah material menumpuk di sepanjang jalan dan tidak terlihat adanya aktivitas petugas PLN.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba