Ronaldo Asury, saat menyerahkan alat cuci tangan guna pencegahan Covid-19, Minggu (29/03/2020) (Foto: Frido Umrisu Raebesi/ Vox NTT)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Salah satu anggota DPRD Malaka Ronaldo Asury membagikan ember dan alat cuci tangan untuk masyarakat di sekitaran Nuroboho, Desa Meotroy, Kecamatan Laenmanen, Minggu (29/03/2020).

Aksi sosial dari politisi muda PDIP itu dilakukan untuk membantu pemerintah dalam memutuskan rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pantauan VoxNtt.com, selain membagikan ember dan alat cuci tangan yang berlogo PDIP, Ronaldo bersama timnya juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah – rumah warga.

“Saya bersama tim dari pemuda Desa Meotroy bagikan ember dan alat cuci tangan untuk Puskesmas Nurobo, Klinik Santa Bakita dan masyarakat sekitarnya. Selain ember ada juga selebaran tentang virus corona yakni dampak dan pencegahan. Lalu tak lupa juga kami semprotkan disinfektan ke rumah warga,” kata anggota DPRD Malaka dua periode ini kepada VoxNtt.com.

Ronaldo berharap semoga badai virus corona dapat berakhir. Selain itu, ia juga berharap kepada masyarakat agar kegiatan ini menjadi motivasi untuk terus menjaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Menurut dia, virus ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan menghindari kerumunan banyak orang.

Ronaldo juga berharap pemerintah desa hingga dusun dapat mengantisipasi warga yang baru pulang dari luar daerah, agar dapat melaporkan ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan secara medis.

Tak hanya itu, ia pun mengajak seluruh kaum muda di setiap desa agar bisa bekerja sama dengan pemerintah dan semua pihak untuk membantu memerangi virus corona.

Aksi Ronaldo dan timnya ini mengundang respon baik dari masyarakat Desa Meotroy.

Warga setempat mengaku terbantu dengan pencerahan atau edukasi kesehatan dari Ronaldo.

“Sebagai masyarakat kami berterima kasih atas kegiatan ini karena kami merasa sangat terbantu untuk memerangi virus corona ini dan menyadarkan kami akan pentingnya kebersihan, serta untuk sementara waktu tidak boleh ada aktivitas yang bersifat kumpul – kumpul,” ujar Petrus, salah satu warga Desa Meotroy.

Sebagai anak muda Desa Meotroy, ia juga mengapresiasi penuh untuk kegiatan ini. Sebab bagi Petrus, aksi tersebut menjadi bukti kepedulian dengan masyarakat dalam memerangi Covid-19.

“Harapan saya masyarakat tetap mengikuti arahan dan imbauan pemerintah soal wabah virus corona,” kata Petrus, tokoh pemuda Desa Meotroy yang dengan setia ikut mendampingi Ronaldo Asury.

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba