Anggota DPC Demokrat Manggarai Timur di sela-sela kegiatan penyemprotan di Desa Gurung Liwut, Sabtu (04/04/2020) Foto: Sandy Hayon/Vox NTT)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Mencegah penyebaran Covid-19, sejumlah kader Partai Demokrat Manggarai Timur (Matim) melakukan penyemprotan disinfektan untuk warga Rehes Desa Gurung Liwut, Kecamatan Borong, Sabtu (04/04/2020). 

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua DPC Demokrat Matim Lucius Modo dan  didampingi Sekretaris Ambrosius Don, dan juga beberapa kader partai itu.

Turut hadir dalam kegiatan itu petugas Pustu Mbeling Maria Nurfithuyon Baghi dan Kepala Desa Gurung Liwut Nikodemus Jematu.

Di sela-sela kegiatan Lucius menjelaskan kegiatan penyemprotan itu sebagai bentuk kepedulian partai Mercy untuk memerangi Covid-19 atau virus corona.

“Kita lakukan penyemprotan di setiap rumah warga. Apalagi di sini ada beberapa yang baru datang. Sebenarnya kita lakukan di pasar tetapi setelah berkoordinasi, ternyata di sini banyak warga yang baru dan akan datang di desa ini,” katanya.

Selain lakukan penyemprotan, jelas mantan Ketua DPRD Matim itu, pihaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya virus corona.

Baca Juga: DPC Demokrat Manggarai Semprot Disinfektan di Rumah Warga

“Ada 600 mililiter cairan disinfektan yang kita siapkan. Kita juga sudah berikan cairan disinfektan kepada masyarakat agar mereka bisa lakukan penyemprotan secara mandiri. Kita berharap ini menjadi tugas dan tanggungjawab bersama,” ujar DPRD asal Kota Komba itu.

Sisilia Kanus warga kampung Rehes mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Partai Demokrat yang sudah menaru kepedulian dengan warga di desa itu.

“Bersyukur kami di sini karena sudah di semprot tadi. Kami hanya mampu memohon cukup sudah corona ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gurung Liwut Nikodemus Jematu menjelaskan saat ini jumlah warga yang baru masuk dari luar NTT sebanyak 7 orang.

Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan pendataan warga yang baru tiba dari luar NTT dan melaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga: Cor Molo, Ritus Awal Tahun di Lamba Leda

“Kebanyakan di sini dari Bali. Kita hanya mendata tetapi tidak untuk penanganan secara medis. Tetapi kami bekerja sama dengan para medis untuk pencegahan,” tukasnya.

Selain itu, jelas dia, pemerintah desa sudah memberikan sosialisasi dan mengajak warga yang baru datang untuk melakukan isolasi diri sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan.

“Itu yang sudah kita lakukan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat, Pa Luko yang sudah melakukan penyemprotan disinfektan di desa kami,” ucap Jematu.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba