Pengurus DPC PDIP Manggarai saat menyerahkan bantuan Sembako di SLB Karya Murni Ruteng, Senin (01/06/2020)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira (AHP) membagikan bantuan Sembako di Manggarai.

Bantuan itu diberikan langsung oleh para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Manggarai kepada beberapa paroki dan biara di sekitar Kota Ruteng, kecamatan Langke Rembong.

Pengrus DPC yang hadir di antaranya, Sekretaris Aven Mbejak, Wakil Ketua Herybertus G. L. Nabit, Anggota DPRD Manggarai Fraksi PDIP Kasmir Jarung dan anggota DPC Fabianus Apul.

Sekretaris DPC PDIP Manggarai Aven Mbejak mengatakan, AHP mengatakan bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi Covid-19.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami di tengah pandemi Covid-19 ini. Karena bukan hanya kesehatan, tetapi Covid-19 juga berdampak terhadap ekonomi sehingga kami bantu sesuai kemampuan,” ungkapnya kepada VoxNtt.com, Senin (01/05/2020).

Aven juga mengucapkan terimakasih kepada AHP yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Manggarai melalui DPC PDIP Manggarai.

Sementara Wakil Ketua DPC PDIP Manggarai Herybertus G.L Nabit mengaku kegiatan pembagian Sembako itu juga dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni.

Kegiatan itu kata dia, merupakan gotong royong sebagai intisari dari Pancasila. Namun gotong royong itu bukan untuk menegasikan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila.

Tetapi, semua pelaksanaan sila-sila Pancasila memiliki landasan semangat gotong-royong.

“Prinsip kemanusiaan dilaksanakan dengan semangat gotong-royong, yakni prinsip saling membantu, tolong menolong, mengembangkan sikap kedermawanan di atas dasar kemanusiaan yang hakiki tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Dikatakan, prinsip kebangsaan dengan jiwa gotong-royong yang mengembangkan semangat persatuan dan Bhinneka Tunggal Ika serta sikap tidak ada chauvinisme.

“Nilai-nilai Pancasila mengajarkan kita semua untuk bergotong-royong. Wabah Covid-19 ini kita harus lawan dengan upaya bersama baik untuk dampak kesehatan maupun ekonominya,” katanya.

Dari nilai-nilai Pancasila dan kegotong-royongan tersebut sudah sangat jelas tergambar bahwa sebagai dasar dan ideologi dinamis.

Pancasila menurut dia, dapat diimplementasikan segenap rakyat Indonesia khusunya di Manggarai untuk secara bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba