Dandim Ende, Letkol Kav Suteja, SH saat bertemu awak media beberapa waktu lalu (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Ende, Vox NTT-Dandim Ende, Letkol Kav Suteja, SH akan pindah tugas ke Jakarta sebagai Prabandya-1/Prodalwasgar Spaban 1/Ren Sterad di Mabes pada pertengahan Desember 2018.

Posisi beliau akan digantikan Letkol Czi Paulus J. Simbolon yang sebelumnya menjabat sebagai Don Yipur 10/Jaladari Palaka/2 Kostrad.

Hal ini diungkap Dandim Suteja saat acara perpisahan bersama sejumlah awak media di Makodim Ende, Rabu (5/12/2018) pagi.

Dihadapan media, Dandim menyampaikan kesan dan pesan selama bertugas 2,5 tahun di Ende.

Dinamika serta liku-liku demokrasi selama bertugas di Ende dimaknai sebagai hal yang biasa. Namun, jika ada hal yang kurang berkenan baik terhadap masyarakat maupun mitra instansi di Kabupaten Ende, ia menyampaikan permohonan maaf.

“Selama saya bertugas di Ende memang ada pernak-pernik, ada liku-liku demokrasi dan itu hal yang biasa. Tapi jikalau ada hal yang kurang berkenan selama di Ende, secara pribadi saya mohon maaf,” kata Dandim Suteja.

Pada sisi lain, Dandim pun menyampaikan tugas-tugas pokok prajurit TNI sebagaimana mestinya. Ada dua tugas pokok yakni Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Ia menjelaskan, prajurit TNI memang diamanatkan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap utuh.

Selain itu, TNI juga diamanatkan untuk bermitra dalam bidang teritorial seperti membantu Polri dan kegiatan kamtibmas, membantu pemerintah dalam proses pembangunan.

“TNI merupakan salah satu institusi yang pada prinsipnya bersama-sama dengan rakyat. TNI itu bukan paling jagoan, paling hebat, tidak ada.Tugas pokok TNI itu adalah terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,”jelas Dandim Suteja.

Oleh karena itu, Dandim berpesan agar masyarakat termasuk awak media untuk bersama TNI menjaga NKRI. Selain itu, agar tetap menjaga kehidupan sosial yang harmonis sesuai tradisi yang sudah terpelihara di Kota Pancasila ini.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba