Rakor persiapan masa tenang di Kantor Bawaslu Kabupaten Nagekeo, Sabtu 13 April 2019

Mbay, Vox NTT-Badan Pengawas (Bawaslu) Kabupaten Nagekeo mengadakan kegiatan rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder menyambut masa tenang pada 14-16 April 2019. Rakor tersebut berlangsung di Kantor Bawaslu Kabupaten Nagekeo, Sabtu (13/04/2019).

Beberapa agenda yang dibahas pada rakor ini antara lain tentang persiapan pengawasan masa tenang. Hal ini diisi dengan kegiatan patroli pengawasan masa tenang oleh Bawaslu Kabupaten Nagekeo di setiap kecamatan.

Selain itu, membahas pemetaan TPS rawan terutama terkait topografi dan kesiapan TPS menjelang hari pencoblosan, serta pendropingan logistik ke setiap TPS.

Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Nagekeo, Yohanes Emanuel Nane dalam kesempatan itu mengatakan, peran dari semua stakeholder menjadi faktor penting untuk menyukseskan persiapan menuju hari pemungutan dan perhitungan suara. Peran ini sekaligus bersama-sama penyelenggara Pemilu mengawal semua proses yang terjadi di TPS pada tanggal 17 April 2019.

Yohanes mengatakan, patroli pengawasan masa tenang sangat penting dilakukan untuk meminimalisasi dugaan-dugaan pelanggaran yang mungkin terjadi menjelang hari pemilihan.

Selain itu, kata dia, patroli pengawasan sekaligus menjadi kesempatan untuk membersihkan semua APK yang masih ada di semua titik di Kabupaten Nagekeo. Pada masa tenang, semua jenis kampanye dilarang.

Dia menambahkan Bawaslu akan bersama dengan Pol PP untuk membersihkan APK.

“Rencananya pembersihan APK dan patroli pengawasan masa tenang akan berlangsung mulai hari Senin (15/04/2019),” ujarnya.

Dalam kegiatan rakor, kata Yohanes, semua
berkomitmen untuk bersama-sama mengawal seluruh proses persiapan, pelaksanaan, sesudah pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba