Ilustrasi

Ende, Vox NTT-Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2019, sejumlah aneka kegiatan akan digelar di Kabupaten Ende, Flores, NTT.  Salah satu untuk mengisi momentum itu ialah festival kopi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Derson Duka menyatakan festival kopi akan berlangsung pada tanggal 30-31 Mei 2019.

“Iya, kopi-kopi lokal yang kita promosikan. Karena, banyak kopi (lokal) yang sudah populer secara internasional,” ucap Derson di Ende pada Rabu (22/05/2019) siang.

Dijelaskan, festival kopi merupakan satu kesatuan di dalam acara Ende Culture Expo. Kegiatan ini akan menampilkan sejumlah kerajinan tangan yang bernuansa lokal.

Derson menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pegiat kopi di Ende serta beberapa petani kopi. Tujuannya adalah agar mereka dapat menyajikan serta mempresentasikan pengelolaan kopi secara keseluruhan.

“Jadi mereka juga menjelaskan tentang falsafah kopi dari berbagai daerah di Kabupaten Ende. Fokus kita pada kopi lokal, ” jelas Derson.

Pada umumnya, festival kopi Ende ini bermaksud untuk mengangkat komoditi usaha perkebunan masyarakat dan menyebarkan secara luas ke publik.

Kabupaten Ende memiliki kopi unggulan berbasis lokal dengan memiliki cita rasa yang berbeda. Masing-masing daerah di Kabupaten memiliki kekhasan hasil bumi tersebut.

“Kalau dulu ada kopi Manggarai, kopi Bajawa dan Nagekeo. Tapi, sekarang ini kita lebih menunjukkan kopi asli kita di sini,” katanya.

Diketahui kegiatan tersebut berpuncak pada 1 Juni 2019 dengan upacara apel bersama. Berapa kegiatan seperti pentas tarian akan dilangsungkan lebih awal.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba