Puncak Olbubuk ramai dikunjungi para pecinta wisata (Foto: L. Ulan/Vox NTT)

Soe, Vox NTT- Panorama alam di wilayah Mollo,  Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menawarkan panorama unik bagi para petualang dan penikmat wisata pegunungan.

Salah satu lokasi persinggahan tatkala hendak melakukan perjalanan ke sejumlah obyek wisata di Mollo adalah puncak Bukit Oelbubuk.

Letaknya yang strategis di pinggiran jalan, kilo meter 12 arah Soe-Kapan, puncak Bukit Oelbubuk selalu ramai disinggahi.

Bukan hanya itu, lokasi Oelbubuk yang tak jauh jaraknya dari air terjun Oehala, sekira 7 kilometer. Jaraknya membuat tempat ini menjadi tempat untuk rehat sejenak.

Bukit ini menawarkan udara sejuk, serta pemandangan yang sangat mengagumkan dan eksotis. Ya, dari sini Anda akan disuguhkan pemandangan Kota Soe.

Dari puncak, Anda bisa mengambil spot gambar dengan latar belakang Kota Soe. Bunga-bunga yang tumbuh liar berwarna kuning di sekitar bukit menambah pesona alam.

Baca Juga: Satu Jam Berkencan dengan Sunset di Robek Reok

Sejauh mata memandang yang terlihat adalah pemandangan pohon yang hijau dan lanskap kota yang padat. Tampak deretan bukit dan gunung yang gagah menjulang tinggi. Dari celah-celahnya, tampak kelokan sungai berpagar pinus.

Bila melanjutkan perjalanan dan hendak melakukan pendakian ke Gunung Mutis dengan puncak ketinggian 2.427 meter dpl, pengunjung bakalan disuguhi pemandangan ribuan bonsai raksasa di lereng gunung.

Padang savana di Lereng Gunung Fatumnasi tampak menghijau. (Foto: L. Ulan/Vox NTT)

Letaknya tak jauh dari pintu masuk cagar alam Mutis, Kecamatan Fatumnasi. Hanya sekira 4 sampai 5 kilometer di pinggiran jalan.

Berkendara di bawah rerimbun pohon Ampupu dengan hawa yang segar menghadirkan sensasi tersendiri.

Tak lama berselang pengunjung dihidangkan keunikan ribuan Bonsai Raksasa di pinggiran jalan.

Disebut-sebut jika Bonsai yang tumbuh di lereng Gunung Mutis ini sama dengan Bonsai yang ada di istana Hirohito, Jepang.

Baca Juga: Sensasi Kabut Kota Soe dan Romantisme Pinus di Mollo Utara

Bonsai-bonsai raksasa ini nampak sudah tua, belumut hijau dengan membentuk cekungan-cekungan pada batang. Tumbuh begitu saja di atas gundukan-gundukan tanah berbentuk vas bunga.

Lokasi ini kerap jadi obyek buruan para pecinta fotografi. Selamat datang, selamat menikmati.

Penulis: L. Ulan
Editor: Ardy Abba